Launching Toyota EV Smart Mobility Lake Toba Dikabupaten Samosir 

 

Samosir Analisnews.co.id

 

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiago Uno didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Samosir Vandiko T Gultom melaunching peluncuran Toyota EV Smart Mobility Lake Toba yang dilaksanakan di batu hoda beach Kecamatan Simanindo, Selasa (19/7).

 

Peluncuran Toyota EV Smart Mobility Lake Toba merupakan salah satu bentuk dukungan Toyota dalam mendukung program Pemerintah untuk menunjang wisata ramah lingkungan guna menetralisir karbon dan menuju nol emisi karbon pada tahun 2060.

 

Menparekraf RI dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak Toyota yang telah meluncurkan EV Smart Mobility Project disalah satu dari lima destinasi wisata super prioritas yaitu Kabupaten Samosir yang merupakan kabupaten kedua peluncuran mobil electric setelah Nusa Dua Bali. “Menurutnya, dirinya tengah menargetkan dapat mengurangi emisi karbon hingga 50 persen disektor pariwisata pada tahun 2030 dan net zero pada tahun 2050 dimana terget nasional tahun 2060, jika tahun 2050 dapat terselesaikan maka sektor pariwisata dapat menempuh 10 tahun lebih cepat dari target Nasional”, tegasnya.

 

Selanjutnya disampaikan bahwa berdasarkan data World Economic Forum (WEF) saat ini indeks pariwisata Indonesia naik menjadi peringkat 32 Dunia dimana salah satu penunjangnya adalah kelestarian lingkungan, “dalam hal ini kita harus benar-benar mendorong upaya tersebut karena yang menjadi tolak ukur adalah ramah lingkungan, untuk itu kita harus mendukung upaya-upaya penurunan polusi udara dengan project Toyota EV Smart Mobility Lake Toba”, ungkapnya.

 

“Mewakili masyarakat Sumatera Utara, saya Gubernur Sumatera Utara menyampaikan apresiasi kepada pihak Toyota atas peluncuran mobil listrik di Kabupaten Samosir. “Kabupaten Samosir merupakan salah satu wilayah teritorial dari 33 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumut sebagai pilot projek mobil listrik, kiranya program ini dapat dikembangkan untuk mempercepat pengurangan emisi karbon dan polusi udara”, ujar Gubsu.

 

Bupati Samosir Vandiko Gultom ST dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Menteri Pariwisata dan pihak Toyota yang telah memilih Samosir sebagai pilot projek mobil listrik di kawasan danau toba guna mendukung kelestarian lingkungan.

 

Selanjutnya disampaikan Pemerintah Kabupaten Samosir akan selalu mendukung segala investasi untuk membantu pengembangan pariwisata yang dapat memberikan nilai positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Penulis: BP Editor: BP