ACEH  

PETUGAS DINAS LINGKUNGAN HIDUP KEBERSIHAN KABUPATEN ACEH BARAT MELAKUKAN KEGIATAN PEMBERSIHAN SAMPAH YANG BERSERAKAN DI JALAN CALOK KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN.

Aceh Barat : Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Barat membersihkan tumpukan sampah yang tercecer di badan jalan Calok Kecamatan Johan Pahlawan yang di Awasi langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Kabupaten Aceh Barat Bukhari. ST.

Diketahui tumpukan sampah di lokasi itu sudah berminggu-minggu mencemari lingkungan yang dihuni beberapa rumah warga yang berjarak 200 meter dari lokasi sampah tersebut,di sekitar sampah masing-masing warga mengaku bahwa dinas terkait lelet respon setiap warga yang melapor, kemudian masyarakat membuat laporan ke media untuk diberitakan, setelah muncul berita DLHK langsung bergerak dan melakukan pembersihan.

Kadis DLHK Aceh Barat, Bukhari kepada awak media saat dikonfirmasi Sabtu,23 Juli 2022 dilokasi Pembersihan Sampah tersebut mengatakan, mereka selama ini rutin melakukan pembersihan setiap lokasi yang ada tumpukan sampah yang di buang sembarangan oleh masyarakat setempat dan merespon cepat apabila ada laporan dari warga.

“Pembersihan rutin kita lakukan bukan setelah pasca diberitakan tapi jauh hari kita selalu melakukan upaya sosialisasi dan membersihkan sampah-sampah masyarakat yang dibuang sembarangan, pihak DLHK  bukan tidak merespon apa yang menjadi keluhan masyarakat terhadap sampah di Calok akan  tetapi DLHK mendahulukan pembersihan di seputaran Kota yang mengganggu lingkungan seputaran kota supaya tidak terjadi sorotan dari luar yang ingin berkunjung ke Kabupaten Aceh Barat, setelah selesai baru bergerak membersihkan sampah yang sembarangan di daerah Calok”ujarnya.

Kemudian katanya spanduk himbauan bertuliskan jangan buang sampah sembarangan juga telah dipasang dibeberapa lokasi, namun spanduk tersebut dicopot oleh orang tak dikenal. Bak Container juga sudah di sediakan tapi tingkat kesadaran serta disiplin Masyarakat untuk jangan membuang sampah sembarangan masih kurang maksimal, pihak Dinas Lingkuangan Hidup Kebersihan Kabupaten Aceh Barat sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menangani sampah yang berserakan supaya Masyarakat mau membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan pihak DLHK tapi pada kenyataan nya di lapangan sampah tidak dibuang pada tempatnya malah dibuang sembarangan yang dapat mencemari lingkungan serta mengganggu badan jalan tersebut, masyarakat seharusnya sama – sama saling menjaga dan mendukung upaya yang sudah diterapkan oleh Dinas tersebut supaya jangan membuang sampah semberangan dan buanglah sampah pada tempat yang sudah di sediakan.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan memberlakukan Qanun nomor 4 Tahun 2017 tentang penertiban sampah diwilayah Aceh Barat untuk efek jera bagi warga yang membuang sampah secara sembarangan.

“Qanun akan kita berlakukan, dan akan kita denda Rp. 300.000,- sekali buang sampah secara sembarangan sekaligus efek jera untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat di Aceh Barat.”tutupnya. ( W. 111 ).