Dosen IAIN Diundang Tim PKM Sebagai Narasumber Pada Pertemuan Ketiga Workshop

 

Pertemuan ketiga Workshop tak menyurutkan semangat para peserta yang berasal dari beberapa kelompok masyarakat dan penduduk desa Bongo. Pada pertemuan ketiga yang dilaksanakan pada hari Senin, 1 Agustus 2022, para peserta menerima materi tentang strategi pemasaran yang efektif dan maksimal untuk menunjang pengetahuan masyarakat desa Bongo dalam mengelola dan memaksimalkan daya tarik wisata di desa mereka.

Materi strategi pemasaran melalui digital marketing ini disampaikan oleh salah satu dosen akuntansi yang berasal dari kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo, Ibu Yulia Puspitasari Gobel, S.E, M.Sc. Menariknya, para peserta terlihat begitu aktif bertanya dan menjabarkan apa saja yang telah mereka jalankan selama mengelola wisata di desa Bongo. Mereka merasa sangat tercerahkan ketika menerima banyak masukan dan pengetahuan yang dibagikan melalui materi tersebut.

Ibu Yulia selaku narasumber bidang akuntansi yang diundang oleh Tim PKM ini juga mengajak masyarakat untuk sadar akan potensi yang dimiliki oleh desa Bongo. Masyarakat diharapkan mampu menjadi pelaku-pelaku pengelola wisata milik daerah mereka sendiri. Karena dengan begitu masyarakat dapat merasakan lansung manfaat dari apa yang mereka upayakan selama bertahun-tahun.

“Sebagai pengelola wisata kita harus faham bagaimana strategi pemasaran yang efektif agar potensi dan daya tarik wisata kita dapat berkembang pesat. Karena bilamana kita lalai dalam memasarkan potensi wisata yang kita miliki, maka bisa jadi kita tidak mampu menciptakan hasil yang seimbang dengan usaha yang kita lakukan” tandasnya.