Hari Kedua Workshop Pengembangan Desa Wisata Religi Bongo berbasis CBT & Digital Marketing

Pelaksanaan Workshop Pengembangan Desa Wisata Religi Bongo berbasis Community Based Tourism dan Digital Marketing yang telah dibuka pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 yang dilaksanakan di Sekitar Pantai Dulanga dengan pemateri Bapak Jafar Lantowa, S.Pd.,M.A dan Ibu Desrika Talib, S.E.,M.M.,Par. dengan materi pengembangan wisata berbasis CBT. Proses pelaksanaan workshop berjalan lancar dan berlangsung diskusi antara tim PKM dengan peserta. Kemudian Workshop dilanjutkan pada hari Minggu, 31 Juli 2022 pertemuan kedua dengan pemateri Ibu Nikmasari Pakaya, S.Kom.,M.T.

Pada hari kedua Workshop ini, para peserta workshop yang terdiri dari beberapa kelompok masyarakat dan juga diikuti oleh beberapa perangkat Desa Bongo menerima materi terkait Digital Marketing yang disampaikan langsung oleh ibu Nikma. Ibu Nikma menjelaskan bagaimana strategi yang harus dilakukan oleh masyarakat dan pengelola wisata dalam mengembangkan pemasaran wisata yang ada di Desa Bongo. Disampaikan pula terkait adanya aplikasi dan website yang akan disiapkan oleh tim sebagai bentuk dorongan dan dukungan kepada masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata Desa Bongo.

Aplikasi dan website disediakan sebagai penunjang pemasaran wisata yang ada di Desa Bongo agar lebih mencuat ke permukaan. Ibu Nikma menjabarkan bahwa peningkatan eksposur wisata yang ada di Desa Bongo ini memperoleh tanggapan dan dukungan positif dari masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata di desa tersebut.

“Terlihat bahwa masyarakat sangat antusias untuk meningkatkan pemasaran wisata yang mereka miliki, karena mereka faham betul bahwa meningkatnya daya tarik wisata di desa mereka mampu memulihkan perekonomian yang hampir surut pasca Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama 3 tahun kemarin”…,

“Kami selaku Tim PKM ini juga berharap, aplikasi dan website yang kami sediakan dapat mereka manfaatkan dengan sebaik mungkin agar apa yang kami cita-citakan bersama dapat terwujud” tutupnya.