JAMBI  

Sosialisasi Permentan Nomor 10 Tahun 2022

Analisis News
Jambi, Kamis 04/08/2022 (Hotel Shang Ratu)
Acara Pembukaan Sosialisasi Pupuk Bersubsidi Untuk Petani Tanaman Pangan Se-provinsi Jambi oleh
Kadis
Pertanian Tanaman Pangan Peternakan dan Penyuluhan Provinsi Jambi.

Assalamualaikum Wr Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan limpahan rahmat dan kurnia-nya pagi ini kita dapat mengikuti acara pembukaan rapat sosialisasi permentan nomor 10 tahun 2022 provinsi jambi tahun 2022.
Selanjutnya salawat serta salam kita kirimkan kepada junjungan kita nabi muhammad SAW (Allahuma Sholli Alla Syaidina Muhammad, Waala ali syaidina Muhammad) semoga kita mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir nanti, Aamiin Aamiin ya rabbal alamin.
Ada 4 (empat) hal yang menjadi inti kebijakan pada permentan nomor 10 tahun 2022 ini, yaitu :
1. Petani tetap berhak mendapatkan pupuk bersubsidi selama melakukan usaha tani sub sektor tanaman pangan, holtikultura, dan atau perkebunan dengan lahan paling luas 2 hektar setiap musim tanam dan tergabung dalam kelompok tani yang terdaftar.
2. Pupuk subsidi diperuntukkan untuk sembilan komoditas pangan pokok dan strategis, yakni padi,jagung,kedelai,cabai,bawang merah,bawah putih,tebu rakyat, kopi dan kakao. Langkah dan kebijakan tersebut diambil agar produk hasil pertanian terutama yang memiliki kontribusi terhadap inflasi bisa terus terjaga dan menjaga ketahanan pangan nasional Indonesia.
3. Jenis pupuk bersubsidi yang diberikan kepada petani adalah urea dan NPK. Kedua jenis pupuk ini dipilih untuk efisiensi pemupukan karena kondisi lahan pertanian saat ini, kedua jenis pupuk ini mengandung unsur hara makro esensial yang menjadi faktor pembatas untuk peningkatan produksi tanaman yang optimal.
4. Mekanisme pengusulan alokasi pupuk bersubsidi dilakukan dengan menggunakan data spasial dan atau data luas lahan dalam sistem informasi manajemen penyuluh pertanian (simluhtan). Langkah itu dilakukan agar alokasi pupuk bersubsidi tetap mempertimbangkan luas baku lahan sawah yang dilindungi (LP2B), dengan demikian, penyaluran pupuk bersubsidi akan lebih tepat sasaran dan lebih akurat.

Bapak-bapak, ibu-ibu serta para hadirin yang saya hormati,
Tujuan dari terbitnya permentan nomor 10 tahun 2022 yakni untuk menjaga ketersediaan, keterjangkauan pupuk dan optimalisasi penyaluran pupuk bersubsidi terutama untuk petani. Pupuk subsidi sejatinya tak dikurangi, hanya disesuaikan jenisnya dengan kebutuhan yang paling mendasar dan komoditas pangan dasar. Maka kami harap semua pihak yang terlibatdalam penyaluran pupuk bersubsidi dan pengawasan peredaran pupuk bersubsidi agar memahami dan memberikan pengertian kepada petani dan masyarakat tentang permentan nomor 10 tahun 2022 ini dan dapat meredam jika terjadi protes dan penolakan dari berbagai pihak terutama petani yang tidak masuk dalam 9 komoditas penerimaan pupuk bersubsidi.
Bapak-bapak, ibu-ibu serta para hadirin yang saya hormati,
Demikian sambutan saya, dan semoga rapat sosialisasi permentan nomor 10 tahun 2022 kiranya dapat menjadi momentum bersama dalam menjaga ketersediaan,keterjangkauan pupuk bersubsidi dan optimalisasi penyaluran pupuk bersubsidi.
Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada narasumber yang terlibat dalam pertemuan ini. Tentunya kita berharap agar pertemuan ini berjalan lancar dan membuahkan hasil yang bermanfaat bagi kita semua.
Dengan mengucapkan bismillahirohmannirohim, “Rapat Sosialisasi Permentan Nomor 10 Tahun 2022”. Dengan ini saya nyatakan dibuka.