RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
 
ACEH, Hukum  

Dugaan Miring Proyek Karhutla Darul Hasanah Terus Bergulir, Terungkap Galian Pondasinya Tidak Sesuai Speck Gambar Design

Dugaan Miring Proyek Pos Karhutla Darul Hasanah Terus Bergulir, Terungkap Galian Pondasinya Tidak Sesuai Speck Gambar Design

220922

Riki Hamdani

Aceh Tenggara (Analis News.id): Viralnya pemberitaan terkait pekerjaan proyek pos kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara sebelumnya yang menyoroti dugaan menyalah mulai dari penggunaan material yang tidak sesuai ukuran hingga tekhnik pengerjaan yang asal jadi yang diyakini kedua dugaan menyalah tersebut menyimpang dari Kontrak.

Parahnya lagi, akibat pemberitaan miring tersebut, oknum kontraktor pelaksana dari proyek yang bernilai hampir mencapai Rp 600 juta ini, berinitial Sampluk sempat berang hingga sampai memaki wartawan yang memberitakan  dengan kata-kata tidak senonoh seraya ancam akan polisikan.

Sayangnya hingga berita ini dirilis ancaman akan melaporkan wartawan akibat pemberitaan  oleh Sampluk hanya isapan jempol belaka, malah laporan warga yang jati dirinya emggan dituliskan mengungkapkan tambahan dugaan menyalah lainnya dari proyek pos karhutla tersebut.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun Analis News.id beberapa waktu lalu yang menerima sejumlah foto soal pondasi gedung pos karhutla Darul Hasanah, sumber menerangkan “bahwa tapak pondasi gedung pos karhutla itu tidak digali sesuai dengan gambar design yang ada di dalam kontrak.

Menurutnya, tapak pondasi gedung tersebut hanya diletakkan begitu saja, yang seharusnya tapak pondasi tersebut haruslah ditanam yang sebelumnya digali dengan ukuran paling tidak mencapai 1 meter kedalaman galiannya yang berbentuk persegi.

Lalu sambung narasumber, “Indikasi lainnya bahwa tapak pondasi gedung tidak digali, yakni terlihat disekitar cor-an tapak pondasi itu tidak ada bekas tanah galian, terlihat pada gambar areal tapak pondasi bersih dari tanah bekas digali, rinci sumber.

Menanggapi perihal ini, PPK proyek pos Karhutla, Doddi Sukmariga, ketika ditemui Analis News.id, belum lama ini, mengatakan “bahwa soal galian tapak pondasi pos Karhutla yang tidak digali/ditanam ini baru tahu ini.

Secepatnya saya akan mempertanyakan hal ini ke Rekanan Pelaksana dan juga ke pihak Konsultan Pengawasnya, sebab mereka yang lebih mengetahui hal ini, ujarnya singkat.(rky)

Teks foto :

1. Foto insert seputar pekerjaan proyek pos karhutla Darul Hasanah, Aceh Tenggara, yang diduga menyalah.

 

Penulis: Riki Hamdani

Tinggalkan Balasan