RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
 

Tips Menjaga Kesehatan Lambung dengan Mudah

Analisnews.co.id – Jakarta | Mendengar kata asam lambung pasti mindset banyak orang langsung tertuju pada penyakit maag. Padahal, asam lambung juga memiliki banyak manfaat pada sistem pencernaan.

Asam lambung merupakan cairan asam hasil dari sel dinding lambung. Fungsi utamanya yaitu untuk memecah protein agar mudah dicerna oleh usus halus, dan mengaktifkan enzim pepsin dan membunuh bakteri di dalam makanan.

Dengan manfaatnya yang sangat besar, Anda membutuhkan tips menjaga kesehatan lambung yang benar agar tidak terjadi infeksi. Selain pentingnya menjaga kesehatan lambung, Anda juga perlu memiliki proteksi berupa asuransi kesehatan.

Untuk meminimalisir pengeluaran membengkak dan mendapatkan jaminan atas perawatan kesehatan, Anda dapat memanfaatkan asuransi kesehatan 200 ribu per bulan. Sementara itu, untuk informasi lain mengenai jaminan atas kesehatan bisa Anda cari tahu asuransi terlengkap ada di Lifepal.co.id.

Cara Memelihara Kesehatan Lambung

Untuk Anda yang peduli terhadap kesehatan lambung, pastikan mengikuti tips berikut:

1. Atur Jam Makan

Memerhatikan jam makan dengan baik merupakan salah satu tips menjaga kesehatan lambung. Pasalnya, ketika Anda telat makan dapat memicu naiknya asam lambung. Sehingga berpotensi untuk mual, muntah, dan nyeri pada perut.

Usahakan untuk makan tepat waktu bagi sarapan, makan siang, maupun makan malam. Pada jam makan malam Anda bisa melakukannya 3-4 jam sebelum tidur untuk mencegah asam lambung naik ketika tubuh berbaring.

2. Makan dengan Porsi Kecil

Bagi sebagian orang seringkali menerapkan konsep diet yang salah, mereka mengacak jam makan dan hanya dilakukan 1x dengan jumlah besar. Apabila hal tersebut berlanjut, maka dapat membuat otot lambung meregang.

Akibatnya perut menjadi begah, dan terasa nyeri sehingga Anda akan merasa kurang nyaman. Sesuaikan porsi makan untuk menjaga kesehatan asam lambung.

Caranya, dengan makan menggunakan porsi kecil tapi sering. Seperti pada awalnya hanya 3 kali sehari, kini berubah menjadi 4-5 kali dengan porsi kurang.

3. Minum Air Secukupnya

Berikutnya memenuhi kebutuhan air minum juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan lambung. Sebab, air memiliki pH (tingkat keasaman) netral.

Sehingga dapat membantu menetralkan pH lampung apabila produksi asam sedang tinggi. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa konsumsi air sebaiknya tidak juga berlebihan.

Pasalnya, dapat mengganggu keseimbangan mineral yang ada pada lambung. Anda bisa mengkonsumsi air setelah makan, atau 8-9 gelas per hari.

4. Batasi Konsumsi Kafein

Kafein yang banyak terkandung di dalam kopi merupakan stimulan yang dapat mempengaruhi fungsi dari lambung. Asam yang tinggi pada kopi bisa menghambat penutupan otot sfingter di kerongkongan.

Apabila sfingter tidak menutup, asam lambung bisa mengalir naik ke kerongkongan dna menjadi salah satu faktor penyebab maag.

Jangan sampai permasalahan ini terulang sebab bisa memicu penyakit refluks asam lambung atau GERD.

5. Kelola Stres dengan Baik

Tidak hanya kafein yang dapat mendorong munculnya penyakit GERD, stres yang berkepanjangan juga menjadi salah satu pemicunya. Pasalnya, stres dapat menurunkan produksi hormon prostaglandin.

Di mana hormone prostaglandin memiliki fungsi untuk melapisi dinding lambung dan melindunginya dari asam lambung yang bersifat mengikis.

Stres menjadi salah satu kondisi yang tidak bisa terprediksi munculnya. Namun, Anda bisa menanganinya dengan pengelolaan yang baik.

Misalnya, dengan menggunakan teknik pernapasan, meditasi maupun beberapa cara lainnya. Bahkan, beberapa orang juga ada yang menjalani terapi ke psikolog untuk mengelola stresnya dengan baik.

6. Jauhi Kebiasaan Merokok

Kurang begitu disadari, nyatanya merokok merupakan salah satu aktivitas yang tidak hanya merugikan paru-paru saja melainkan juga membawa dampak buruk pada kesehatan lambung. Sebab, nikotin yang terdapat pada produk tembakau dapat melemaskan otot sfingter.

Secara alur kerja hampir sama seperti saat Anda mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak. Di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan bisa memicu radang atau sofagitis.

Tinggalkan Balasan