RajaBackLink.com
RajaBackLink.com
 

Wabup Butur Ahali Hadiri Wawonutahu Kelurahan Bonegunu

Wakil Bupati Buton Utara, Ahali saat memberikan sambutan pada acara pesta Panen Kelurahan Bonegunu

AnalisNews.co.id, Buton Utara | Wakil Bupati Buton Utara, Ahali menghadiri pesta panen (Wawonotahu) Keluarga Bonegunu, Kecamatan Bonegunu. Pesta panen tersebut diselenggarakan setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil panen mereka.

Wakil Bupati Buton Utara, Ahali saat memberikan sambutan pada acara pesta Panen Kelurahan Bonegunu

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekertaris Daerah Buton Utara, Muhammad Hardy Muslim, para kelapa OPD, para Camat, Lurah, Kepala Desa dan Masyarakat.

 

Ahali yang didampingi istri mengapresiasi, atas sambutan masyarakat Kelurahan Bonegunu yang luar bisa dalam acara syukuran pesta panen tersebut. Tradisi pesta panen yang diselenggarakan oleh masyarakat Kelurahan Bonegunu, adalah sebuah budaya yang sudah dilakukan  sejak lama atau merupakan sebuah tradisi turun temurun.

“Atas nama pemerintah Daerah, memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya terhadap kelestarian budaya ini, karena kecenderungan sebagian orang mulai melupakan hasil akhir dari sebuah kerja keras,”ucap Ahali, Minggu (18/09/2022).

 

Mantan Kasat Reskrim Polres Wakatobi ini, mengatakan, ada dua hal yang menjadi penekanan utama. Pertama yaitu terus bekerja keras, karena kerja keras itu tidak menghianati hasil apa yang akan kita dapatkan pada waktunya. Kedua, terus bersyukur karena acara ini dimulai dengan doa.

“Maka lestarikan terus budaya itu. Dalam setiap usaha yang  dilakukan dan syukuri pasti akan berhasil, jika memulai dengan cara yang benar, pasti hasilnya akan memberikan hasil yang baik bagi petani”,katanya.

Ahali mengingatkan, Alsintan dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat agar digunakan di tempat produksi pertanian.

“Sehingga tiada lagi alat-alat pertanian yang tidur, yang tidak dimanfaatkan ditengah-tengah  potensi lahan kita yang luar biasa ini,” tutur Ahali.

Mantan Kapolsek Kulisusu itu, berharap kepada masyarakat Kelurahan Bonegunu, keranjang agar bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, termasuk dari hasil panen tahun ini belum dilaporkan.

“Tapi tahun 2021 panen yang dilaporkan sebanyak 88 ton, dan hasil yang saat ini yang sudah dijual ditahun 2022 sudah 22 ton. Dan perkiraan hasil dari 1 keluarga, ada yang 1 ton dan ada yang 1 ton,” ucapnya.

Lebih lanjut Ahali meminta, kepada masyarakat agar memperhatikan stok dalam satu tahun jangan sampai petani membeli padi, melainkan kata Ahali, petani menjual padi, tetapi tidak dijual habis.

“Karena prinsip beras daerah itu, pada prinsipnya ingin memprodukdi sendiri gabah dan padi kita, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dimulai dari para petani Kelurahan Bonegunu”, pungkasnya.

Penulis: Arnita

Tinggalkan Balasan