Analisnews.co.id
Jakarta: PT Federal International Finance (FIFGROUP) meraih dua penghargaan dalam gelaran Indonesia Corporate Sustainability Initiatives (CSI) 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah MIX Marcomm (SWA Media Group). Penghargaan itu diselenggarakan di Auditorium & Performance Hall Prof. Dr. Djayusman, LSPR Institute of Communication & Business, pada Rabu, 18 Desember 2024.
FIFGROUP berhasil meraih dua penghargaan Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024, yakni:
1. Predikat Very Good pada Kategori Social Marketing, dengan Program MENYALA “Menyuarakan Literasi melalui Aksi”
2. Predikat Good pada Kategori Cause Promotion, dengan Program FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL)
Dua penghargaan CSI 2024 ini diserahkan langsung oleh Pemimpin Redaksi mix.co.id, Edhy Aruman kepada Environment Health Safety, Social Responsibility & Sustainability Management Department Head FIFGROUP, Charles DW Simaremare, pada Rabu, 18 Desember 2024.
Charles menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut, sesaat setelah menerima penghargaan secara langsung, “Terima kasih banyak kepada seluruh dewan juri serta jajaran manajemen Majalah MIX Marcomm (SWA Media Group), atas kepercayaan yang diberikan kepada FIFGROUP melalui penghargaan sustainability initiatives ini.”
Lanjut Charles, “Semoga penghargaan ini dapat memberikan semangat kepada kami untuk terus membangun berbagai inisiasi positif bagi lingkungan, komunitas, dan masyarakat, serta memperkuat tekad kami untuk bekerja lebih baik bagi Indonesia.”
Sebagai anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, FIFGROUP terus mendukung upaya pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2015-2030 atau Sustainable Development Goals (SDGs), sehingga FIFGROUP berupaya menginisiasi berbagai program dan inisiatif yang mendukung hal tersebut.
Inisiasi Keberlanjutan FIFGROUP
Dalam perjalanannya, selain untuk pemenuhan ISO 26000:2010, sebagai upaya mendukung implementasi keberlanjutan (sustainability) yang sejalan dengan misi perusahaan, yaitu Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat, FIFGROUP melaksanakan berbagai kegiatan mengacu kepada komitmen Environment, Social, and Governance (ESG) pada 2024 dengan berbagai program inisiatif. Inisiatif dikemas dalam bentuk Sustainability Framework yang mengintegrasikan program keberlanjutan ke dalam Strategi TripleP Roadmap, yaitu Portfolio, People, dan Public Contribution.
FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL)
Pada aspek People, FIFGROUP meluncurkan program FIFGROUP Aman Berlalu Lintas (FABL) yang melibatkan berbagai kampanye internal serta kompetisi video untuk mendorong budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja.
FABL merupakan bagian dari strategi komitmen perusahaan dalam mewujudkan lingkungan kerja yang aman bagi karyawannya dengan berkomitmen dalam meningkatkan budaya keselamatan kerja saat bekerja
melalui program Safety Riding.
Dalam program tersebut terdapat program pelatihan, inspeksi keamanan berkendara, dan menerapkan regulasi standar K3 yang menghasilkan persentase ketaatan berkendara karyawan FIFGROUP pada tahun 2024 sebesar 99,47Yo dan fatality sebesar 0Y6 . FIFGROUP juga menggandeng Astra Honda Motor (AHM) serta Komunitas Honda PCX Club menggelar kegiatan workshop dengan memberikan edukasi terkait seluruh aspek mengenai keamanan dan keselamatan yang mencakup berbagai tips berkendara yang aman dan kelengkapan berkendara yang tepat kepada para pengunjung IMOS 2024.
Sebagai strategi agar FABL mudah diingat dan meningkatkan kesadaran berkendara, FIFGROUP menghadirkan maskot keselamatan yang menjadi simbol baru dalam kampanye K3 perusahaan, yaitu Bung Aman (Aktif Mendukung Aksi KeselamataN).
Bung Aman hadir dengan tagline #AmanBersamaFIFGROUP untuk
mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan di tempat kerja sebagai tanggung jawab bersama. Melalui kehadiran Bung Aman, FIFGROUP berharap dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran karyawan akan pentingnya keselamatan dalam setiap aspek operasional, yang selaras dengan SDGs nomor 3 (tiga) tentang Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan nomor 8 (delapan) tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.
MENYALA (Menyuarakan Literasi Melalui Aksi)
Program ini merupakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) dari pilar FIFGROUP Pintar yang menyasar guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia.
Hingga November 2024, program ini telah melibatkan lebih dari 5.056 guru dan 14.512 siswa dari lebih dari 200 sekolah di berbagai wilayah Indonesia, dengan target akhir tahun melibatkan
10.915 siswa dan 4.840 guru.
Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2022, tingkat literasi keuangan siswa SMK/SMA baru mencapai 52,88%, angka yang masih berada di bawah target nasional OJK di tahun 2027 sebesar 65,06. Masih rendahnya angka literasi keuangan ini membuat kelompok siswa, termasuk siswa SMK/SMA, menjadi rentan terhadap ancaman kejahatan finansial, termasuk pinjaman online ilegal, investasi palsu, dan judi daring.
Program MENYALA hadir dengan berbagai agenda, termasuk Pelatihan Guru, Jam Sosial Mengajar, Teacher Summit, Talent Pool, dan pembentukan Teacher Community. Dalam kegiatan Pelatihan Guru, FIFGROUP melibatkan ribuan guru secara daring dengan metode active learning yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan pengajaran berbasis literasi keuangan. Guru-guru yang telah dilatih kemudian menjadi fasilitator dalam Jam Sosial
Mengajar, menyampaikan materi literasi keuangan kepada siswa dengan pendekatan interaktif, menargetkan hingga 35 siswa per guru.
Selain itu, agenda Teacher Summit yang direncanakan berlangsung di awal tahun 2025 di Jakarta akan menjadi forum apresiasi untuk guru-guru yang telah menunjukkan kontribusi luar biasa dalam program ini.
Melalui Program MENYALA, FIFGROUP juga mendukung kebijakan Link and Match yang diusung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Kebijakan ini bertujuan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi lulusan SMK melalui berbagai langkah, termasuk pembelajaran berbasis proyek nyata, pelatihan teknologi untuk guru, dan sertifikasi kompetensi. FIFGROUP percaya bahwa sinergi antara dunia pendidikan dan dunia industri yang terwujud melalui program ini akan menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang siap bersaing di tingkat nasional dan global.
Program ini juga mencerminkan komitmen FIFGROUP dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin ke-4 tentang Pendidikan Berkualitas, poin ke-8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta poin ke-10 tentang Pengurangan Ketimpangan. Selain itu, Program MENYALA sejalan dengan inisiatif Environmental, Social, and Governance (ESG), yang menempatkan pendidikan dan literasi keuangan sebagai pilar penting dalam menciptakan dampak sosial yang berkelanjutan.
Indonesia Corporate Sustainability Initiatives (CSI) 2024 ini merupakan gelaran ke-9 yang diselenggarakan oleh Mix Marcomm untuk memberikan pengakuan kepada perusahaanperusahaan di Indonesia yang berhasil membangun engagement level masing masing program sustainability. Program-program itu telah dipresentasikan dan melewati tahap penjurian oleh pakar inisiatif keberlanjutan dan Big Data Crawling.