Dosen dan Mahasiswa UM Melaksanakan Penelitian Inovatif Pengembangan E-Modul Interaktif
**ANALISISNEWS, MALANG** – Dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) baru-baru ini melaksanakan sebuah penelitian inovatif mengenai pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan model Project-Based Learning (PjBL) untuk pembelajaran Bahasa Indonesia dengan tema keragaman nusantara di kelas V. Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Imam Rofiki, S.Si., M.Pd, dengan keterlibatan empat mahasiswa PPG Prajabatan PGSD dari Universitas Negeri Malang: Moh. Sholeh, Oktavia Wahyuni Saputri, Nur Laili Ikawati, dan Wimawantika Hapsari Nugraha.
Penelitian ini mendapat dukungan pendanaan dari Dana Hibah Non APBN melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Malang (UM). Fokus utama tim peneliti adalah mengembangkan E-Modul interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap budaya Indonesia melalui metode berbasis proyek. Kegiatan penelitian ini berlangsung di SD Anak Saleh, Kota Malang, Jawa Timur.
“Melibatkan mahasiswa dalam penelitian ini membuka peluang bagi mereka untuk memperdalam pemahaman tentang pengembangan materi ajar yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan,” kata Dr. Imam Rofiki, S.Si., M.Pd.
Moh. Sholeh, salah satu mahasiswa yang berpartisipasi dalam riset ini, menambahkan, “Mengambil bagian dalam penelitian ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Selain mempelajari aspek teknis dalam pengembangan E-Modul, kami juga mendapat kesempatan untuk memahami bagaimana materi yang kami kembangkan dapat memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa. Dengan pendekatan berbasis proyek, kami bisa menyaksikan secara langsung bagaimana siswa menjadi lebih antusias dan terlibat aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama dalam memahami keanekaragaman budaya nusantara.”
Selama penelitian ini, mahasiswa terlibat dalam seluruh proses, mulai dari kajian literatur, pemilihan metode, hingga pengembangan konten. Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan E-Modul yang interaktif, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini tidak hanya menambah wawasan dalam pengembangan media pembelajaran, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk turut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Tim peneliti juga melakukan evaluasi secara mendalam terhadap implementasi E-Modul di dalam kelas, serta berdiskusi dengan guru dan pihak sekolah untuk mengidentifikasi tantangan dan mencari solusi yang tepat. Diharapkan, hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif di masa depan.