Example 728x250
Terkini

FIFestival Street Food 2024: 25 UMKM Tawarkan Cita Rasa Khas Indonesia

×

FIFestival Street Food 2024: 25 UMKM Tawarkan Cita Rasa Khas Indonesia

Sebarkan artikel ini
Foto 5 1

Analisnews.co.id
Jakarta — Dalam upaya mendukung pengembangan bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekaligus menghadirkan pengalaman cita rasa kuliner Nusantara, FIFGROUP untuk kedua kalinya di tahun 2024 kembali menggelar FlFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 28 hingga 29 November 2024 di Assembly Point Area, Menara FIF, Jakarta Selatan.

Mengulang kesuksesan gelaran sebelumnya pada 10-11 Juli 2024, yang menghadirkan 15 tenant UMKM, berhasil menarik lebih dari 1.000 pengunjung, meningkat sebesar 32,0600 dibandingkan dengan gelaran tahun 2023. Tidak hanya itu, gelaran pertama di tahun 2024 tersebut juga mencatatkan capaian transaksi UMKM lebih dari Rp119 juta, tumbuh 58,420 dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp75 juta.

Gelaran kedua FlIFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP di tahun 2024 ini mencatat peningkatan jumlah tenant menjadi 25 UMKM, menawarkan pengalaman kuliner yang lebih beragam. FIFGROUP menargetkan lebih dari 1.100 pengunjung dengan potensi transaksi mencapai Rp125 juta, meningkat sebesar 590 dibandingkan gelaran pertamanya
di tahun 2024.

Sebagai pembeda, FlFestival kali ini memperluas cakupannya dengan menghadirkan program spesial, FIFriendibility Inspiration Talk bertema “Setara dalam Berkarya: Merangkul Keselarasan untuk Kreativitas.” Program ini menjadi langkah nyata FIFGROUP dalam mendukung inklusi sosial dan pemberdayaan komunitas, terutama bagi
penyandang disabilitas.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, UMKM dari Kampung Berseri Astra (KBA) Binaan FIFGROUP turut berpartisipasi, memperkuat semangat pemberdayaan masyarakat lokal di kawasan KBA. Keterlibatan ini melengkapi kehadiran 15 UMKM Binaan FIFGROUP lainnya yang dipilih berdasarkan kriteria khusus, seperti kemampuan menjaga kelancaran pengembalian dana bergulir dan
komitmen tinggi untuk terus mengembangkan usahanya.

Selain UMKM binaan, FIFGROUP juga memberikan ruang bagi UMKM dari berbagai latar belakang, seperti UMKM yang dikelola Yayasan Sahabat Disabilitas Chesire, UMKM dari program FlFpreneur, yaitu inisiatif pembinaan untuk karyawan yang sedang mempersiapkan masa purnabakti, hingga UMKM yang dikelola oleh karyawan internal FIFGROUP.

Tidak ketinggalan, booth Koperasi FIF2000 menambah keseruan acara dengan menawarkan program spesial bagi karyawan internal yang mengajukan pinjaman ready cash selama pagelaran ini, termasuk hadiah berupa sembako, jaket, dan helm.

Perhelatan ini diharapkan mampu mendorong kesempatan dan keberanian UMKM binaan dalam memiliki jiwa bersaing serta membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM yang menjadi binaan FIFGROUP untuk menjajakan produknya. FlFestival menjadi kegiatan yang menarik dan seru untuk dikunjungi baik itu karyawan internal maupun masyarakat sekitar yang ingin membeli sarapan, camilan atau nongkrong
dan makan siang.

Direktur FIFGROUP, Setia Budi Tarigan, menegaskan bahwa FIFGROUP memiliki komitmen penuh dalam memberikan kontribusinya untuk pengembangan UMKM. “Kami percaya bahwa UMKM memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melalui FlFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024, kami berharap UMKM binaan dapat memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan daya saing, memperluas jaringan, dan mencapai pengembangan usaha yang lebih besar,” kata Setia Budi.

Program ini sekaligus menjadi bagian dari inisiatif FIFGROUP melalui pilar Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Sejahtera dan dalam
mengimplementasikan aspek Environment, Social, and
nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Melalui langkah ini, FIFGROUP berkomitmen untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi
masyarakat dan lingkungan, serta mendorong pertumbuhan

Kesan Pelaku UMKM di FlFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024

UMKM yang pernah terlibat dalam kegiatan tersebut menyebutkan program ini memberikan dampak positif bagi penjualannya. Tidak seperti jualan sehari-hari, setiap berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh FIFGROUP seperti Fifestival, para pelaku UMKM mengaku penjualan mereka meningkat. Hal itu diungkapkan oleh Cici Yohani yang menjajakan produknya berupa merek dagang Yoyobolen pada ajang FlFestival.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif baik yang dilakukan FIFGROUP melalui kegiatan FlFestival ini. Sebelumnya, saya juga berkesempatan berpartisipasi dalam ajang LOCALICIOUS di Gelora Bung Karno, Senayan, dan Alhamdulillah dagangan saya laris manis selama acara tersebut. Saya berharap, melalui FIFestival ini, peluang usaha saya kembali terbuka lebar, dan penjualan bisa semakin
meningkat,” ujar perempuan yang akrab disapa Cici.

FIFGROUP mengundang seluruh masyarakat untuk hadir dan merasakan berbagai sajian serta produk unik yang dihadirkan pada FlFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024.