Example 728x250
Business

SIP Trunk: Panduan Lengkap Memilih Penyedia Layanan yang Tepat

48
×

SIP Trunk: Panduan Lengkap Memilih Penyedia Layanan yang Tepat

Sebarkan artikel ini
SIP TrunkPanduan Lengkap Memilih Penyedia Layanan yang Tepat 1

Pada artikel ini Anda akan membaca tentang apa itu SIP trunk, kelebihan SIP trunk, dan panduan memilih layanan SIP trunk yang tepat untuk bisnis Anda, simak selengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa Itu SIP TrunkĀ 

Session Initiation Protocol (SIP) trunking adalah metode untuk melakukan dan menerima panggilan telepon dan komunikasi digital melalui jaringan internet. Istilah trunking pada SIP trunk mengacu pada protokol yang digunakan yaitu jalur telepon virtual yang memungkinkan Anda melakukan panggilan melalui internet ke nomor telepon mana pun. Selain untuk melakukan dan menerima panggilan suara, selain itu layanan ini mendukung komunikasi multimedia yang mencakup layanan suara, video, dan pesan. Teknologi ini menggantikan saluran telepon analog seiring dengan banyaknya negara yang kini mulai menghentikan layanan telepon analog secara bertahap.

Apa Manfaat SIP Trunk

SIP Trunking cocok untuk bisnis atau organisasi yang membutuhkan banyak panggilan telepon, mulai dari bisnis yang baru merintis sampai bisnis multinasional. Jika Anda menganggap bahwa bisnis Anda akan membutuhkan banyak panggilan telepon di masa mendatang, layanan ini adalah solusi yang tepat bagi bisnis Anda yang menawarkan berbagai manfaat.

Hemat Biaya

Layanan saluran telepon biasanya cukup mahal, apalagi jika perusahaan membutuhkan banyak saluran telepon yang berbeda digunakan, atau bisnis secara rutin melakukan panggilan internasional. Selain itu, bisnis juga harus menanggung biaya operasional untuk perawatan perangkat keras, dengan SIP Trunk memungkinkan bisnis hanya membayar berdasarkan peneleponan yang dilakukan atau saluran yang digunakan, misal jika bisnis membutuhkan 10 panggilan secara bersamaan, biayanya akan dihitung untuk 10 saluran. Dengan SIP trunk bisnis juga bisa menambahkan lebih banyak saluran jika sewaktu-waktu kebutuhannya semakin meningkat tanpa perlu biaya tambahan untuk installasi hardware dan penarikan kabel.

Skalabilitas

SIP trunking sangat fleksibel, terutama untuk bisnis dengan banyak lokasi. Jika Anda menggunakan operator yang sama, panggilan antar lokasi biasanya gratis, dan Anda hanya perlu membayar biaya internet bulanan seperti broadband. Anda bisa menyesuaikan kecepatan internet untuk mendukung jumlah panggilan bersamaan yang dibutuhkan. Semakin besar volume panggilan, semakin besar bandwidth yang diperlukan, tergantung pada jenis komunikasi (suara, video, atau pesan) dan teknologi yang digunakan. Internet fiber biasanya cukup cepat untuk mendukung banyak panggilan sekaligus.

Untuk perusahaan besar, SIP trunk kadang menggunakan jalur data khusus. Jalur ini biasanya memiliki jaminan kualitas, seperti kepastian bahwa panggilan suara akan mendapatkan prioritas dan cukup bandwidth, sehingga kualitas tetap terjaga.

Dengan SIP trunking, Anda tetap bisa mengontrol sistem telepon bisnis Anda meskipun menambah lokasi baru, baik di dalam maupun luar negeri. Anda dapat mengelola sendiri tanpa harus menunggu penyedia layanan menambah infrastruktur baru.

Keandalan

SIP trunk lebih andal dibandingkan saluran telepon analog tradisional. Anda dapat menggunakan fitur failover nomor yaitu ketika nomor yang dituju tidak dapat dihubungi atau tidak aktif, maka panggilan akan otomatis dialihkan ke nomor lain yang aktif. Berbeda dengan saluran telepon konvensional yang memiliki jalur tetap, SIP trunking menggunakan teknologi VoIP (voice over IP) yang dimana panggilan telepon dapat disalurkan melalui beberapa rute, sehingga tidak akan berpengaruh pada kendala-kendala seperti pemadaman atau masalah jaringan.

Analisis Data dan Laporan Real-time

Karena SIP trunking berbasis cloud, Anda bisa mengakses data dan analitik secara real-time. Anda dapat melihat log panggilan kapan saja untuk memantau penggunaan dan memastikan ketersediaan layanan. Data ini juga bisa digunakan dalam layanan machine learning untuk mendapatkan wawasan bisnis yang lebih mendalam.

Statistik panggilan dapat diperinci hingga level individu, sehingga Anda bisa melihat performa setiap karyawan, termasuk cara mereka berinteraksi dengan pelanggan atau prospek. Akses data real-time ini membantu bisnis meningkatkan produktivitas karyawan dan mendorong perbaikan dalam pemasaran, layanan pelanggan, serta penjualan.

Komunikasi yang dikelola secara terpusat

SIP trunking memungkinkan semua komunikasi, seperti panggilan telepon, konferensi video, dan pengiriman pesan, dikelola dari satu lokasi pusat. Sebelumnya, layanan ini tersebar di berbagai tempat, membuat komunikasi menjadi tidak efisien dan mahal.

Setelah diatur, sistem komunikasi mudah untuk dikelola. Dengan menyatukan semua komunikasi digital perusahaan ke dalam satu platform, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan proses komunikasi dalam bisnis Anda.

Kualitas Panggilan

SIP trunking dirancang untuk memastikan koneksi telepon digital Anda memiliki cukup bandwidth untuk mendukung panggilan berkualitas tinggi. Selama sistem PBX Anda tidak terlalu penuh, Anda bisa menikmati panggilan yang jernih, bahkan saat jam sibuk.

Dengan teknologi kecerdasan buatan yang semakin canggih, kualitas panggilan dapat ditingkatkan secara otomatis. AI membantu mengatasi masalah seperti gema dan gangguan suara, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang panggilan terputus atau kualitas yang buruk.

Kemanan

Berbeda dengan halnya saluran telepon konvensional, SIP Trunk memungkinkan panggilan bisnis yang lebih aman, penyedia akan memantau jaringan telepon Anda dan akan melakukan tindakan apabila ada perilaku yang tidak biasa atau tidak sesuai dengan standar keamanan.

Fitur yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Layanan SIP Trunk

Memilih layanan SIP Trunking yang tepat adalah keputusan penting untuk memastikan komunikasi bisnis berjalan lancar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih layanan SIP Trunking:

Kualitas Layanan

Saat memilih layanan SIP trunking perhatikan hal-hal yang mempengaruhi kualitas layanan seperti apakah penyedia layanan memiliki uptime yang tinggi, dan minim gangguan. Tes kualitas suara untuk memastikan bahwa penyedia layanan memiliki latensi rendah, jitter minimal, dan packet loss yang rendah untuk memastikan layanan SIP trunk yang Anda gunakan tidak akan menghambat komunikasi bisnis.

Harga dan Skema Pembayaran

Pilih penyedia layanan SIP trunking yang memiliki harga yang sesuai dengan biaya operasional yang dimiliki bisnis, perhatikan apakah biaya langganan perbulan, pertahun, atau pay as you go. Perhatikan juga tambahan-tambahan biaya, jika ada maka lebih baik dibicarakan di awal.

Dukungan Teknis

Pastikan penyedia layanan memiliki dukungan teknis selama 24/7 yang mudah dihubungi kapan saja apabila terjadi kendala dengan layanan yang Anda gunakan. Pertimbangkan juga lokasi penyedia, akan jauh lebih baik jika penyedia layanan lebih dekat dan dapat dijangkau.

Kredibilitas Penyedia

Cari ulasan atau referensi dari pengguna lain tentang bagaimana layanan SIP trunking dari penyedia layanan yang akan Anda gunakan, apakah ulasannya baik atau justru sebaliknya. Perhatikan juga legalitas dan sertifikasi yang dimiliki oleh penyedia layanan, seperti sertifikasi keamanan dan semacamnya.

Bagaimana Indotek.ai Dapat Membantu dengan SIP Trunk

Layanan Indotek.ai sudah digunakan oleh bisnis dari berbagai sektor seperti Fintech, Asuransi, Showroom, dan ribuan bisnis lainnya baik lokal maupun internasional. Indotek.ai juga telah mendapatkan sertifikasi keamanan yang diakui oleh badan sertifikasi internasional yaitu ISO 200701, yang memastikan bahwa data pelanggan dijaga dan dikelola dengan baik. Indotek.ai memiliki dukungan teknis dari berbagai negara sehingga Anda dapat mengakses layanan pelanggan selamaa 24/7. Gunakan layanan SIP Trunk Indotek.ai untuk komunikasi bisnis yang lebih baik, jadwalkan konsultasi gratis sekarang klik di sini.

About PT. Kecerdasan Digital Indonesia

Indotek.ai adalah perusahaan di bawah naungan PT. Kecerdasan Digital Indonesia, yang berfokus pada optimalisasi interaksi bisnis melalui teknologi kecerdasan buatan. Dengan latar belakang di bidang teknologi finansial dan kolaborasi dengan Iflytek sebagai penyedia teknologi utama, kami menawarkan beragam solusi perangkat lunak dan perangkat keras. Solusi kami meliputi sistem IVR, sistem Auto-dial, Smart Nametags, serta berbagai opsi untuk pertemuan kantor yang cerdas dan efisien.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES