Example 728x250
Jabar

Program Pepatah Manis, Upaya Pemkab Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

49
×

Program Pepatah Manis, Upaya Pemkab Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Sebarkan artikel ini
IMG 20241217 WA0148 scaled

KABUPATEN CIAMIS,– Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali menggelar kegiatan Pelayanan Terpadu Pemerintah untuk Masyarakat Ciamis (PEPATAH MANIS) yang disinergikan dengan Operasi Pasar Murah (OPM) dan Gebyar Pelayanan Terpadu (GPT). Acara berlangsung pada Selasa (17/12/2024) di Lapang Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, dan dihadiri langsung oleh Penjabat Bupati Ciamis, Budi Waluya, S.E., M.M.

Kegiatan ini bertujuan memberikan akses yang cepat, mudah, dan terjangkau bagi masyarakat, sesuai dengan Rencana Tindak Lanjut yang telah disepakati oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Ombudsman Jawa Barat. Dengan dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Dana Pelaksanaan Anggaran (DPA) dari setiap instansi, acara ini menjadi wujud sinergi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Ciamis, Budi Waluya, SE., M.M., menyampaikan apresiasinya atas penyelanggaraan program Pepatah Manis. beliau menyebut bahwa Pepatah Manis merupakan salah satu terobosan pelayanan jemput bola yang kolaboratif dan berkala, melibatkan berbagai unit pelayanan publik pemerintah Kabupaten Ciamis serta instansi vertikal.

“Dengan progran ini masyarakat akan dapat dengan mudah menfapatkan pelayanan terpadu seperti administrasi kependudukan, kesehatan, perpajakan, perizinan, dan berbagai layanan lainnya,” Terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Operasi Pasar Murah juga dihadirkan untuk mendukung pengendalian inflasi, menyediakan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau, serta memfasilitasi distribusi langsung dari produsen ke konsumen.

“Program ini menjadi bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan kebersamaan dan kolaborasi semua pihak, kami berharap kegiatan ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang cepat, mudah, dan nyaman,” ujar Budi Waluya.

kembali Pj. Bupati Ciamis menyampaikan apresiasinya dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, termasuk Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya dan berbagai unit penyelenggara layanan publik yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini.

Sementara itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr. H. Andang Firman Triyadi, MT., bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis Pemkab Ciamis untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya untuk masyarakat Kecamatan Sadananya dan sekitarnya.

“Melalui sinergi dari 20 Unit Pelayanan Publik (UPP), tersedia 41 jenis layanan yang meliputi administrasi kependudukan, konsultasi kesehatan, perpanjangan SIM, layanan perbankan, serta operasi pasar murah yang melibatkan Perum Bulog, UMKM lokal, dan pelaku usaha pertanian serta peternakan,” Jelasnya.

Untuk pelaksanaan akan digelar selama satu hari yakni 17 Desember 2024 dari pagi sampai dengan sore hari.

“Kami berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini masyarakat akan merasa terbantu dan dapat memanfaatkannya,” Tambah Sekda Andang.

Disclaimer : AnalisNews adalah Media Jurnalis Warga pertama di Indonesia yang menyediakan ruang bagi jurnalis warga untuk mempublikasi berita, maka semua jurnalis warga wajib mengikuti kaidah Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber tanpa terkecuali, berita kasus wajib berimbang tanpa terkecuali, dilarang melakukan pemerasan dan dilarang berbuat kriminal ,apapun, username/ nama pengguna sesuai nama di KTP, jurnalis warga bertanggung jawab atas berita yang dibuatnya.