JAKARTA, — Dalam semangat merayakan http://Hari Lingkungan Hidup Seduniayang diperingati setiap awal Juni, Nutrimart, toko online resmi dari http://Nutrifoodyang dikenal sebagai produsen makanan dan minuman kesehatan, bersama dengan Avoskin, brand skincare yang mempromosikan konsep kecantikan ramah lingkungan, dengan bangga meluncurkan kolaborasi terbaru mereka. Kolaborasi ini menekankan pentingnya kecantikan berkelanjutan melalui program bundling eksklusif yang menggabungkan produk-produk dari kedua merek untuk perawatan kecantikan yang holistik, baik dari dalam maupun luar. Selain itu, sebagian hasil penjualan akan didonasikan kepada mitra bank sampah dalam program Plastic Smart Cities yang diinisiasi oleh Yayasan WWF Indonesia.
May Pratisto, CRM & E-Commerce Manager Nutrifood, menjelaskan bahwa Nutrimart adalah bagian dari Nutrifood, perusahaan yang telah menginspirasi masyarakat untuk hidup sehat selama 45 tahun dan mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam bidang lingkungan. Inisiatif lingkungan dari Nutrimart telah dimulai beberapa tahun lalu dengan mengganti bubble wrap dengan kertas bergelombang dan berkolaborasi dengan Carbonethics pada 2023 untuk menanam 1.000 pohon mangrove dan karang bayi di Padangbai, Bali. Tahun ini, program EcoCart menjadi upaya terbaru mereka dalam mengajak konsumen untuk peduli terhadap produk yang mereka konsumsi secara lebih holistik, baik dari segi manfaat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Program ini mencakup produk-produk pilihan dari Nutrifood dan Avoskin, seperti Tropicana Slim Collagen Drink, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, dan Avoskin Hybrid Elixir Lip Optimizer Serum.
Dr. Nadia Wirantari, seorang Dermatovenereologist, menambahkan bahwa konsep kecantikan berkelanjutan menekankan pentingnya perawatan yang baik untuk kulit, tubuh, dan ramah lingkungan, sehingga kecantikan tersebut dapat terus bertahan lama. Produk-produk dalam program ini, yang mencakup skincare dengan kandungan baik seperti ampoule wajah dan serum bibir, serta suplemen minuman kolagen, diharapkan dapat mendukung tercapainya kecantikan berkelanjutan.
Selama periode 25 Juni hingga 30 September 2024, setiap pembelian paket produk bundling dalam program EcoCart akan berkontribusi pada program Plastic Smart Cities dari Yayasan WWF Indonesia. Paket penjualan ini sudah tersedia di marketplace, baik di official store Nutrimart maupun Avoskin.
Vemditha Kriswidjaya Sodig, CSR & Sustainability Specialist dari Avoskin, menambahkan bahwa menuju satu dekade Avoskin, mereka sangat senang bisa berkolaborasi dengan Nutrimart untuk menjalankan program yang masih berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan. Program EcoCart ini selaras dengan komitmen Avoskin untuk terus mengajak konsumen mencintai diri mereka sendiri sambil menjaga kelestarian lingkungan. Selain EcoCart, mereka juga memiliki kampanye serupa seperti #LoveAvoskinLoveEarth dan #MulaiDariMejaRias.
Nutrimart dan Avoskin memiliki misi yang sama dalam menjalankan aksi konservasi lingkungan secara berkelanjutan, seiring dengan upaya mendukung masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. May Pratisto menambahkan bahwa mereka terus berupaya menjalankan bisnis berkelanjutan, termasuk pengelolaan kemasan secara bertanggung jawab dan memilih mitra bank sampah dari program Plastic Smart Cities sebagai penerima manfaat kolaborasi ini. Sejak 2022, Nutrifood dan WWF sudah berkolaborasi dalam berbagai program, termasuk peningkatan kapasitas Bank Sampah binaan.
Tri Agung Rooswiadji, Footprint Lead WWF Indonesia, menyatakan bahwa Yayasan WWF Indonesia sangat mengapresiasi inisiatif kolektif dan multisektor dari Nutrimart dan Avoskin dalam mendukung program Plastic Smart Cities. Program ini, yang dimulai sejak 2019, bertujuan untuk merangkul para pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan kondisi tanpa plastik di alam pada tahun 2030. Hasil kolaborasi dari program ini akan diprioritaskan untuk mendukung bank sampah mitra dalam meningkatkan kapasitas layanan dan pengumpulan sampah.
Kolaborasi hijau dari program EcoCart ini juga mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya pada pilar lingkungan yang tertuang dalam target 12 (konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab), target 13 (aksi iklim), dan target 15 (kehidupan di darat).
(Shanty Rd)