Analisnews.co.id, JAKARTA – PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) terus menunjukkan komitmennya dalam transformasi digital melalui aplikasi perbankan Raya App. Sejak diluncurkan pada 2022, aplikasi ini berhasil menarik lebih dari 1,05 juta pengguna dan mencatatkan 2,1 juta transaksi hingga Juni 2025, tumbuh 42,7% year on year (yoy).
Raya App kini menghadirkan 83 fitur layanan terintegrasi, mulai dari menabung, pembayaran, pinjaman, investasi, hingga kebutuhan gaya hidup digital. Produk unggulannya adalah Fitur Saku yang terbagi menjadi Saku Bujet, Saku Pintar, Saku Jaga, Saku Bisnis, dan Saku Bareng untuk menabung bersama komunitas.
“Dalam berinovasi, Bank Raya berupaya menghadirkan produk digital yang built to last. Produk kami relevan, berkualitas, dan essential sehingga mampu menciptakan pengalaman perbankan yang fokus pada kenyamanan, efisiensi, dan kepuasan nasabah,” ujar Kicky Andrie Davetra, Direktur Bisnis Bank Raya.
Fitur Unggulan: Dari Paylater hingga “Raya Story”
Selain fitur dasar perbankan, Raya App juga menawarkan pengalaman digital yang lebih luas. Mulai dari pembayaran dengan QRIS, top up e-wallet, beli pulsa, token listrik, hingga pembayaran BPJS dan zakat. Nasabah juga bisa setor-tarik tunai lewat ATM BRI, Agen BRILink, hingga jaringan Indomaret.
Terbaru, Bank Raya menghadirkan Raya Paylater atau layanan Buy Now Pay Later dengan skema pembayaran fleksibel, serta Raya Story yang menampilkan ringkasan keuangan dalam format interaktif ala social media story. Fitur ini memudahkan nasabah memantau pemasukan, pengeluaran, promo, hingga rekomendasi pengelolaan keuangan.
Pertumbuhan Dana Murah CASA
Pertumbuhan Raya App turut mendongkrak kinerja Bank Raya. Nilai digital saving mencapai Rp1,5 triliun per Juni 2025, naik 66,6% (yoy). Peningkatan ini berkontribusi pada CASA Bank Raya yang tumbuh 7,6% (yoy) menjadi Rp2,5 triliun, dengan rasio CASA naik ke 29,72% di Kuartal II/2025.
Kicky menambahkan, fitur Saku menjadi produk juara yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat urban. “Mobilitas masyarakat yang tinggi membuat kebutuhan pengelolaan keuangan praktis dalam satu aplikasi semakin penting. Fitur Saku menjawab kebutuhan itu agar menabung dan bertransaksi lebih mudah dan nyaman,” jelasnya.
Ramah Pengguna dan Aman
Dari sisi kenyamanan, Raya App dirancang ringan dengan tampilan intuitif yang bisa dikustomisasi sesuai preferensi pengguna. Untuk keamanan, aplikasi ini dilengkapi two factor authentication, verifikasi ekstra untuk perangkat baru, serta kontrol limit transaksi agar pengguna lebih terlindungi.
Selain itu, tampilan Raya App disesuaikan dengan standar Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) sehingga ramah bagi semua kalangan, termasuk dengan fitur kontras warna, text spacing, dan ukuran font yang lebih nyaman dibaca.
Digital Attacker BRI Group
Sebagai bagian dari BRI Group, Bank Raya memposisikan diri sebagai digital attacker yang agresif menghadirkan solusi finansial inklusif. “Kami ingin menjadi bank digital pilihan masyarakat dengan teknologi yang relevan untuk nasabah dan ekosistem pelaku usaha,” tutup Kicky.
Reporter: Shanty Rd



Komentar