Example 728x250
NasionalNTBTerkini

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-58, Kepala Dinas Kesehatan, Junaedi, S.Si.,M.Si.,Apt. Ingin Pastikan Gaya Hidup Masyarakat Bisa Lebih Sehat

114
×

Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-58, Kepala Dinas Kesehatan, Junaedi, S.Si.,M.Si.,Apt. Ingin Pastikan Gaya Hidup Masyarakat Bisa Lebih Sehat

Sebarkan artikel ini
PicsArt 11 04 10.47.26

AnalisNews Sumbawa-NTB, Jum’at (4/11/22) pagi, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa gelar Senam Sehat dan Test Kesehatan, yang dihadiri oleh Wakil Bupati, semua Kepala OPD dan Masyarakat sekitar.

Senam sehat dan tes kesehatan ini, merupakan serangkaian kegiatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58.

Kepala Dinas Kesehatan, Junaedi, S.Si.,M.Si.,Apt, mengatakan, melalui Hari Kesehatan Nasional ini, kita mengajak semua komponen Masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Dengan melakukan aktifitas fisik (Olahraga) minimal 30 menit setiap hari, dan menjaga pola makan, serta mengkonsumsi Buah dan Sayur.

“Intinya, Gambaran besar kegiatan tahun ini ialah, bertujuan mendorong Masyarakat untuk meningkatkan Status Gizi dan sekaligus menurunkan angka Stunting”. Ujarnya

Sambungnya, Selain menggelar berbagai kegiatan didalam Kota, Dikes Sumbawa juga menggelar kegiatan di setiap Kecamatan, terutama berfokus pada daerah terpencil dan Kecamatan yang masih ada penularan Malaria.

IMG 20221104 101033 scaled

“Kebetulan hari ini, kami ada pelayanan di Dusun Tangkelak Desa Mungkin Kecamatan Orong Telu. Disana kita melakukan penyuluhan kesehatan terkait malaria, pengobatan gratis, dan pembagian kelambu. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisasi malaria”. Jelasnya.

Senada dengan Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Dr Nieta Aryani mengatakan, di Dusun Tangkelak, ada satu team Nakes yang melakukan mess glad serve untuk mempercepat eliminasi malaria. Kemudian di tingkat Kecamatan, Dikes Sumbawa menempatkan satu team lagi untuk melakukan edukasi terkait KB dan kesehatan reproduksi.

“Untuk kegiatan lainnya terpusat di sini. Siang nanti, ada lomba cipta menu, untuk memberikan makanan tambahan balita di Posyandu. Tim lombanya ada 3. Integrasi antar Ibu PKK, Kader Posyandu dan tim pengelola gizi Puskesmas”

“Kemudian di tanggal 20 nanti, kita adakan Fun Bike, untuk mendukung Care Free Day dan sekaligus membantu UMKM. Untuk rute ya, start dari sini dan Finis di Samota. Kalau nggak ada halangan, untuk puncak acara atau resepsinya nanti tanggal 24”. Ujarnya, saat dikonfirmasi usai senam sehat.

PicsArt 11 04 10.57.10
Dr. Nieta Aryani, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa

Selain itu, Ia juga menjelaskan, mulai dari 1 November sampai Akhir November sudah di tetapkan sebagai Bulan Kesehatan. Untuk itu, dibulan ini, Dikes Sumbawa akan mengisinya dengan berbagai kegiatan, baik itu yang bersifat perlombaan maupun kegiatan Kemasyarakatan.

Untuk kegiatan yang bersifat seremonial, seperti sunatan massal dan bakti sosial pengobatan, sudah berjalan secara serempak di Seluruh Puskesmas Wilayah Kabupaten Sumbawa. (SaLz)