Cara Membuka Toko Online Berbasis Aplikasi yang Mudah Dilakukan

123123

ANALISNEWS, JAKARTA – Cara membuka toko online tidak hanya bisa dilakukan melalui website saja, tetapi juga aplikasi. Dengan banyaknya aplikasi jual beli online yang cocok untuk pemula, maka saksikan beberapa info penting cara membuka toko online via aplikasi di bawah ini.

  1. Install Aplikasi

Yang harus dilakukan pertama kali adalah menginstall aplikasi jual beli yang akan mengakomodir kebutuhan Anda. Adapun tempat install yang tepat yaitu Google Play Store maupun App Store.

2. Daftar dengan Nama yang Representatif

Buatlah nama toko yang representatif dengan produk jualan Anda. Jangan sampai antara nama toko dengan nama produknya tidak ada korelasi, sehingga menurunkan minat pembeli. Buat juga nama yang unik tetapi masih dapat dengan mudah ditangkap maknanya.

3. Isi Data Secara Lengkap

Cara membuka toko online yang berikutnya yaitu mengisi data secara lengkap. Jangan sampai ada yang terlewat atau kurang jelas, sehingga membuat pembeli berpikir dua kali apakah toko ini bonafit atau tidak.

4. Upload Produk Anda

Jangan lupa untuk mengupload produk berdasarkan kategori dan juga filter sesuai masing-masing pengaturan aplikasi jual beli online. Tambahkan foto yang sangat jelas dari berbagai sisi.

5. Tambahkan Info Produk yang Lengkap

Selain foto yang jelas, pastikan untuk menambahkan info tentang produk yang lengkap dan terperinci. Ini akan sangat penting untuk meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut memang nyata dan bukan abal-abal. Kemudian, jika produk tersebut memiliki garansi, jangan lupa dijelaskan juga tentang klaimnya.

6. Atur Semua Setting

Setting jenis pengiriman barang, pembayaran, dan apakah menerima COD atau tidak perlu diatur sesuai dengan kesiapan Anda. Ini adalah salah satu langkah dalam menerapkan cara membuka toko online yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

7. Jika Memungkinkan, Miliki Outlet Offline untuk Branding Online

Outlet ada beberapa jenis tergantung bidang mana yang Anda ikuti, outlet untuk hijab dan desain, outlet mainan, dan outlet untuk produk kesehatan juga jelas ada. Keberadaan outlet dipandang sebagai peluang bisnis yang bagus karena memang lebih efektif dalam menggaet pembeli.

Fotolah outlet Anda, jika perlu cantumkan alamatnya ketika pengiriman atau di aplikasi jual beli. Sehingga pembeli akan lebih percaya dengan penjual yang memiliki toko offline.

8. Jika Anda Reseller, Berhati-hatilah dalam Berbelanja

Tips terakhir adalah melakukan pengecekan paket dan mengamankan identitas diri Anda. Ini wajib dilakukan jika Anda adalah pebisnis pemula dan masih melakukan pembelian bahan baku atau melakukan reselling dari toko online lain.

Ketika paket telah sampai di alamat Anda, pastika isi paket sesuai dengan pesanan. Apabila Terjadi ketidaksesuaian ataupun kerusakan, maka Anda bisa langsung menghubungi pihak penjual untuk melakukan konfirmasi dan menunggu tindakan selanjutnya.

Selain itu, dalam paket yang Anda terima pasti tercantum juga data diri Anda, mulai dari nama lengkap, alamat hingga nomor telepon. Sebelum membuang bungkusan paket ini, pastikan untuk memusnahkan data diri tersebut, bisa dengan cara menggunting ataupun membakar agar informasi ini tidak sampai ke tangan yang salah.

Kesimpulannya, tidak sulit untuk menerapkan cara membuka toko online di atas, karena langkah-langkahnya bisa dipelajari dengan bertahap. Jika Anda adalah pebisnis pemula, pastikan untuk rutin melakukan effort di atas dan jangan lupa selalu upgrade pengetahuan seputar bisnis online.