Example 728x250
JakartaBeritaFILMNasionalSelebrityTerkini

Uti Deng Keke Adalah Film Toleransi Beragama, Budaya dan Adat-Istiadat Segera Tayang

154
×

Uti Deng Keke Adalah Film Toleransi Beragama, Budaya dan Adat-Istiadat Segera Tayang

Sebarkan artikel ini
IMG20221111183919

ANALISNEWS.CO.ID, JAKARTA  -Gorontalo dijuluki dengan kota : “Bumi Serambi Madinah” dan “Provinsi Karawo”, dan Motto:

“Aadati hula-hula’a to Sara’a, Sara’a hula-hula’a to Kuru’ani, Adat bersendikan Syara’, Syara’ bersendikan Al-Quran”.(Gorontalo) Segala perbuatan atau pekerjaan hendaknya selalu mengingat aturan adat dan al-quran, jangan hendaknya bertentangan antara satu dengan yang lainnya.

Sedangkan Manado adalah kultur budaya dari masyarakat Tionghoa dan kebanyakan dari mereka memeluk agama Nasrani ( Kristen )

Berangkat dari perbedaan antara budaya,agama, adat-istiadat rumah produksi yakni Gema Production mengangkat film yang bercerita tentang kisah kehidupan nyata. Dimana dalam fim ini menceritakan kehidupan toleransi antar sesama yang berbeda starata ekonomi, agama, dan adat istiadat serta budaya dari masyarakat di Kota Manado dan Gorontalo Sulawesi Utara.

IMG20221111191242

Film yang di produksi oleh Gema Production ini bergenre Edukasi, Toleransi, Kolaborasi diangkat dari kisah nyata kehidupan masyarakat daerah Manado dan Gorontalo yang di beri berjudul Uti Deng Keke, “Torang Lebe Dari Sodara”, dan akan segera tayang 17 November 2022 nanti di bioskop-bioskop yang ada di provinsi Sulawesi khususnya Manado dan Gorontalo serta EON Mall Cakung Jakarta.

Film ini diramaikan oleh beberapa artis lawas antara lain, Addin Hidayat, Fannita Posumah, Diva, Roy Marten, Mongol, Rensi Milano, Teguh Julianto, Gery Iskak dan beberapa artis pendatang baru lokal dari Gorontalo yang turut mendukung film tersebut.

Sebelum digelar gala premiere, diadakan Konferensi Pers Film “Uti Deng Keke, Torang Lebe Dari Sodara”, bertempat di Rumah Produksi Gema Production, Tebet Utara, Jakarta Selatan, Jum’at (11/11/2022).

Hadir dalam konferensi Pers, Executive Producer, Ko Hartono, Sutradara, Billy, Teguh Julianto (Artis senior), para pemain dan artis pendatang baru diantaranya adalah Abay, seorang putra asli Gorontalo, Khayla Maharani, Dan Sheila Tampubolon dan Stayer Djapai.

Ko Hartono, Executive Producer dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta rasa syukurnya bisa turut berpartisipasi dalam membantu terlaksananya pembuatan film ini.

“Film ini menyajikan cerita yang sangat inspirasirif dan mengajarkan toleransi yang tinggi. Film ini mengajar akan kaum muda belajar bertoleransi dan menjaga kerukunan dalam perbedaan, ” ucapnya.

IMG20221102184830 scaled

Sementara itu Billy selaku Sutradara, mengungkapkan suka duka dalam pembuatan film tersebut.”Film yang mengutamakan cinta NKRI. Sempat tertunda akibat pandemi, selama 3 tahun lebih. Dan tahun ini kita bisa terselesaikan dengan baik. Lokasi shooting di Gorontalo dan Manado. Saya memohon doa semoga film ini menjadi motivasi agar lebih mengangkat kearifan budaya lokal dan daerah serta memberikan memotivasi kepada generasi muda agar mengetahui arti kebangsaan dan berbangsa, “ujarnya.

Teguh Julianto, salah satu pemain senior dalam film ini mengatakan, “Saya hanya salah satu pendukung dan hanya kebagian satu Shin saja dalam film ini. Memang film ini mengajar arti toleransi sesama anak bangsa. Ada nilai edukasi dan budaya. Semoga film ini disukai dan diharapkan banyak dukungan, terutama masyarakat Indonesia, ” ujarnya.

Salah satu artis pendatang baru, Abay, seorang putra asli Gorontalo, mengungkapkan, “Saya terjun menjadi aktor dan ini film pertama saya. Terima atas kesempatan nya,”tutur nya. Begitu juga dengan Stayer Djapai mengungkapkan hal yang sama dan merasa bangga bisa bergabung dalam pembuatan film ini karena bisa mengangkat kearifan budaya lokal dan citra daerah khusus nya Gorontalo dan Manado, jelasnya

Diakhir acara, Billy memberikan closing statement bahwa :
“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan dukungan semua pihak untuk mempromosikan film ini ke seluruh masyarakat, mudah-mudahan film ini bisa menjadi terbaik bagi perfilman Indonesia, “pungkas Billy.

Tak lupa Billy juga mengajak semua masyarakat Indonesia untuk bisa hadir dan menonton film Uti Deng Keke, Torang Lebe Dari Sodara.” Yang akan segera Tayang Perdana di Mall Aeon Cakung Jakarta Timur Pada Hari Kamis, Tanggal 17 November 2022.

( Shanty Rd )