Kapolres Tabanan Membuka Secara Resmi Lat Pra Ops Operasi Zebra Agung 2022

IMG 20221123 WA0023 2

Kapolres Tabanan Membuka Secara Resmi
Lat Pra Ops Operasi Zebra Agung 2022

ANALISNEWS CO id. Banyuwangi

IMG 20221123 WA0021 3

Tabanan , Rabu 23 Nopember 2022

Dalam rangka operasi zebra Agung 2022 Polres Tabanan. Pada hari Rabu tanggal 23 Nopember 2022 yang dimulai pukul 09.00 wita bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan telah berlangsung Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Operasi Zebra Agung 2022. Latihan Pra Operasi dibuka secara resmi oleh Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., selaku Ka Opsres, didampingi Wakapolres Tabanan Kompol Doddy Monza, S.I.K., M.Si., M.I.K., selaku Waka Opres dan Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukadana, S.H., M.H., selaku Karendal Ops.

 

 

Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M H., dalam pembukaan latihan pra operasi tersebut mengatakan bahwa “Operasi Zebra Agung 2022 ini dilaksanakan adalah dalam tertib berlalulintas guna mewujudkan Kamseltibcar lantas yang presisi di wilayah hukum Polres Tabanan. Operasi ini sempat tertunda karena adanya banyak personil yang dilibatkan dalam pengamanan KTT G20. Operasi efektif dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 24 Nopember sampai dengan 7 Desember 2022” Ujar Kapolres Tabanan.

 

 

Para peserta latpraops yang telah tersprint dalam operasi hendaknya mengikuti apa yang menjadi pertunjuk dan arahan dari para instruktur, sehingga apa yang diharapkan dari pelaksanaan operasi dapat berhasil dengan baik, sesuai dengan rencana operasi. “Operasi yang bersifat khusus ini, hendaknya semua personil dari masing masing satgas dan Subsatgas saling mendukung, bersinergi satu dengan lainnya, dari rencana kegiatan dan hasil kegiatan yang dilaksanakan nyambung dan sesuai dengan tujuan operasi ” Tegas Kapolres Tabanan

 

 

Ada yang istimewa pelaksanaan operasi zebra kali ini dimana tidak lagi dilakukan tilang secara manual kepada pelanggar lalulintas, karena telah menerapkan tilang dengan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Walaupun dilakukan penindakan secara elte hendaknya personil yang bertugas tetap mengedepankan humanisme dan memberikan edukasi tentang tertib berlalulintas. Sebelum pelaksanaan tilang agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang adanya tilang ETLE, hal dilaksanakan untuk menghindari terjadinya komplin. Sekali lagi saya sampaikan utamakan langkah preentif dan preventif dari satgas preentiv operasi zebra Agung 2022, himbauan tertib berlalulintas agar terus disosialisasikan guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam Operasi ini, terciptanya situasi Kamseltibcar lantas yang presisi” Ujar Kapolres Tabanan

 

 

Selesai arahan dari Kapolres Tabanan Kabag Ops Polres Tabanan memberikan pemaparan tentang mekanisme pelaksanan operasi dan tugas tugas yang harus dilaksanakan oleh masing-masing satgas operasi. Dan dilanjutkan pemberian materi oleh instruktur kepada personil yang tersprint dalam operasi sebanyak 99 personil. Selama kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar.

(Humas Polres Tabanan)

(Gatot Ar)