Mengenal Jenis Asuransi Mobil Terbaik untuk Melindungi Kendaraan Kesayangan

WhatsApp Image 2022 11 24 at 18.17.14

ANALISNEWS, JAKARTA – Asuransi mobil menjadi hal penting bagi setiap pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya, asuransi mobil dapat memberikan jaminan dan perlindungan secara finansial dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jaminan finansial yang dimaksud adalah pertanggungan biaya perbaikan di bengkel atau kejadian lain yang berisiko membebani pengeluaran nasabah. Ada banyak perusahaan asuransi terbaik yang menawarkan jenis proteksi satu ini, salah satunya asuransi mobil Rama.

Untuk memiliki produk perlindungan satu ini, Anda bisa memilih salah satu dari dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih. Yaitu, asuransi Total Loss Only (TLO) yang menjamin kerugian seperti kerusakan berskala besar dengan tingkat kerusakan lebih dari 75 persen.

Dan asuransi mobil All Risk atau comprehensive atau asuransi yang menjamin kerugian total, mulai dari lecet hingga kerusakan parah, sampai pencurian. Produk perlindungan menyeluruh itu seperti yang ditawarkan asuransi mobil All Risk dari Reliance.

Nah, buat Anda yang tertarik memiliki asuransi comprehensive untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada kendaraan kesayangan, mari simak penjelasannya dalam pemaparan berikut ini.

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi mobil All Risk atau comprehensive akan menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai dengan mobil hilang akibat pencurian. Kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung oleh asuransi mobil All Risk.

Asuransi mobil All Risk cukup populer karena keunggulannya mencakup hampir seluruh risiko. Meski begitu, harga premi asuransi satu ini memang cenderung lebih mahal karena cakupannya yang ditanggung lebih luas.

Jika Anda ingin memberikan perlindungan menyeluruh pada mobil kesayangan, maka memilih asuransi mobil All Risk menjadi keputusan yang tepat. Sebab, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi jika sewaktu-waktu terjadi risiko tidak terduga pada kendaraan kesayangan.

Asuransi mobil satu ini juga cocok untuk jenis mobil baru yang usianya kurang dari 5 tahun karena menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

Apa Saja yang Ditanggung Asuransi Mobil All Risk?

Premi asuransi mobil All Risk memang cukup besar, namun perlindungan yang diberikannya pun sangat banyak.

Berikut ini adalah yang ditanggung atau di-cover asuransi mobil All Risk:

  • Kecelakaan, benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir atau terperosok
  • Segala perbuatan jahat orang lain
  • Pencurian, baik dengan atau tanpa kekerasan
  • Kebakaran dan sambaran petir
  • Segala sebab dan risiko selama penyeberangan laut dengan feri
  • Kerusakan roda akibat kecelakaan
  • Biaya derek serta pengangkutan ke bengkel terdekat
  • Pengecualian yang ada di polis asuransi all risk

Premi Asuransi Mobil All Risk

Setelah memahami apa itu asuransi mobil All Risk dan apa saja yang ditanggung produk proteksi tersebut, hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui adalah besaran preminya. Adapun premi asuransi mobil All Risk lebih besar di bandingkan produk lain seperti asuransi TLO.

Sebab, risiko yang dijamin oleh asuransi TLO lebih sedikit di bandingkan risiko yang ditanggung oleh asuransi mobil All Risk. Ketentuan tarif asuransi mobil All Risk nasional berkisar 1,05-4,2 persen, tergantung harga mobil dan wilayah.

Berikut ini adalah rate asuransi mobil All Risk sesuai ketentuan yang berlaku dan diatur oleh OJK:

Kategori Harga Kendaraan Wilayah I Wilayah 2 Wilayah 3
Kategori 1 0 – Rp125 juta 3,82% – 4,20% 3,26% – 3,59% 2,53% – 2,78%
Kategori 2 >Rp125 juta -Rp200 juta 2,67% – 2,94% 2,47% – 2,72% 2,69% – 2,96%
Kategori 3 >Rp200 juta -Rp400 juta 2,18% – 2,40% 2,08% – 2,29% 1,79% – 1,97%
Kategori 4 >Rp400 juta -Rp800 juta 1,20% – 1,32% 1,20% – 1,32% 1,14% – 1,25%
Kategori 5 >Rp800 juta 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16% 1,05% – 1,16%

Keterangan:

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.