Example 728x250
Kalteng

Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Sampit Gencarkan Sosialisasi

69
×

Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Sampit Gencarkan Sosialisasi

Sebarkan artikel ini

 

Polres Kotim – Polsek Sungai Sampit Polres Kotawaringin Timur (Kotim) jajaran Polda Kalteng – Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polsek Sungai Sampit melalui peran Bhabinkamtibmas terus menerus menyampaikan imbauan dan mengedukasi masyarakat agar bersama-sama mencegah terjadinya Karhutla di wilayah hukum Polsek Sungai Sampit.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Sumber Makmur Aipda Adiyatma melakukan sambang kepada para petani yang ada di Desa Sumber Makmur Kec. Mentaya Hilir Utara Kab. Kotim, Selasa (29/11/2022) pagi.

Dalam kesempatan itu, Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan sesegera mungkin melaporkan kepada pihak Kepolisian jika mengetahui kejadian kebakaran ataupun orang yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan karena dapat dihukum pidana.

Ditempat terpisah, Kapolsek Sungai Sampit AKP Irwan, S.H. menyatakan, kegiatan sosialisasi cegah karhutla ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kelestarian alam dan menghindari bahaya kebakaran karena selain dapat merusak kesehatan, kebakaran juga dapat menimbulkan dampak berupa kerugian materil.

Lanjut Kapolsek, kepada semua pihak harus menyadari bahwa dampak dari membakar hutan dan lahan akan menimbulkan asap yang dapat menggangu kesehatan kita semua bahkan dapat menimbulkan kematian.

“Menindaklajuti perintah Kapolres Kotim AKBP Sarpani, S.I.K., M.M., untuk melakukan pencegahan Karhutla, dan bagi yang mambuka lahan dengan cara membakar dan terbukti akan dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan dan perundang-Undangan yang berlaku,” tegas Kapolsek. (sei-spt)