Sebanyak 251 KPM Warga Desa Situsari Cisurupan Garut, Hari Ini Terima Bansos BBM Dan PKH

IMG 20221129 WA0007

Garut, Analisnews.id – Keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Situsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa – Barat, saat ini kembali menerima bantuan sosial dari Pemerintah Pusat. Yakni, berupa bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) tahap 2 dan Bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH). 

Hal tersebut dikatakan oleh Aparat Desa Situsari, Ayi Sugandi dijelaskannya, bahwa penyaluran kedua macam bantuan itu dilakukan dalam waktu bersamaan dan di bagikan langsung oleh pihak PT, Pos Indonesia Cabang Garut hari ini. Selasa, (29/11/2022).

” Pelaksanaan pembagian Bantuan Sosial ( Bansos) BBM dan PKH ini, jumlahnya ada sekitar 251 KPM dan pembagian langsung di Aula Kantor desa Situsari, ” ujar Ayi saat ditemui di sela penyaluran bantuan. 

Sedangkan Ayi menjelaskan, BLT BBM tahap 1 sebelumnya telah dikucurkan pemerintah pada September 2022 untuk periode September-Oktober 2022. Sedangkan untuk BLT BBM tahap 2, dibagikan pada November ini untuk periode November – Desember 2022.
Adapun besaran BLT BBM yang diterima oleh setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mencapai Rp 150 ribu per bulan, atau Rp 300 ribu untuk setiap tahap penyaluran.

Sementara untuk PKH sendiri, lanjut Ayi, kali ini dicairkan sekaligus untuk tiga bulan periode Oktober, November dan Desember 2022. Untuk besarannya, mencapai Rp 200 ribu per bulan atau Rp 600 ribu untuk tiga bulan.
“Jadi setiap KPM totalnya bervariatip,” terangnya. 

Biasanya, berbagai bentuk bantuan sosial itu langsung dibagikan di kantor Pos. Namun saat ini, bantuan tersebut, di laksanakan di Aula kantor Desa.

Aris menyebutkan, jumlah KPM penerima BLT BBM dan PKH yang ada di Desa Situsari ini ada sekitar 251 KPM. Data penerima bantuan tersebut, diperoleh dari Kemensos.

Ayi mengatakan, besaran dana PKH yang diterima KPM yang berhak menerimanya juga berbeda-beda, tergantung komponen PKH yang ada di dalam KPM tersebut. Adapun komponen PKH itu terdiri dari ibu hamil, balita, anak sekolah, disabilitas dan lanjut usia.
Aris menambahkan, untuk penyaluran BLT BBM dan PKH, khusus untuk Desa Situsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa – Barat.

Mungkin dalam hal ini, Pihak dari PT, Pos sendiripun membuat jadwal agar tidak terjadi antrian yang terlalu panjang. 

Selain itu, lanjut Ayi Sugandi, pihaknya juga menerapkan sistem door to door. Melalui cara itu, pihaknya yang datang ke rumah penerima yang sudah lansia, sakit ataupun difabel, sehingga mereka tidak perlu susah datang ke kantor pos.
“Untuk penyaluran BLT BBM dan PKH ini katanya, pihak PT, Pos menargetkan selesai pada tanggal 3 Desember 2022 mendatang,” pungkasnya, ( Diky ). 

Compare