Example 728x250
NasionalNTB

Ketua DPRD Sumbawa Mengisi Kelas Inspirasi di SMP Negeri 1 Unter Iwes, Berbagi Pengalaman dan Motivasi 

216
×

Ketua DPRD Sumbawa Mengisi Kelas Inspirasi di SMP Negeri 1 Unter Iwes, Berbagi Pengalaman dan Motivasi 

Sebarkan artikel ini
GridArt 20230203 161825745

AnalisNewsSumbawa besar|NTB, Inovasi pembelajaran terus berkembang, saat ini proses pembelajaran bukan hanya terjadi di dalam kelas, materi pembelajaran tidak hanya yang tertera di dalam buku pelajaran serta tenaga pengajarnya tidak selalu guru di Sekolah. Kegiatan belajar itu ruang lingkupnya sangat luas dari segi materinya, tempatnya dan juga orang yang mengajarkannya bisa siapa saja. Yang penting adalah kita mau responsif atau membuka diri mengambil ilmu dan pengalaman secara selektif kemudian dipilah mana yang bermanfaat dan tidak serta mana yang baik dan buruk untuk kita lakukan dalam hidup kita kelak.

Demikian yang dilakukan oleh SMP Negeri I Unter Iwes, menggelar Kelas Inspirasi dengan menghadirkan narasumber Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq.

Pengalaman seseorang juga bisa dijadikan bahan ajar bagi para peserta didik. Cara dan sikap orang tersebut terhadap hidupnya dan segala usaha yang dilakukan sampai dia meraih yang dicita-citakan merupakan hal berharga yang bisa disebarkan kepada para siswa dan kaum muda. Karena dari cerita perjalanan hidup itu ada suka duka, disini para peserta didik bisa belajar kalau hidup adalah proses, naik turunnya kehidupan adalah wajar untuk dijalani dan segala sesuatunya butuh upaya dan tekad yang kuat untuk meraihnya.

GridArt 20230203 162026810

Disamping membangun diri juga mewaspadai hal hal yang dapat merusak kepribadian ditengah era digitalisasi dan arus informasi yang tak bisa dibendung melalui membuka konten yang positif, menyeleksi informasi yang ada mana yang pantas untuk diikuti serta bagaimana cara kita memperlakukan orang-orang yang telah berjasa dalam hidup kita

Itulah yang disampaikan pada Kelas Inspirasi Sekolah SMP Negeri I Unter Iwes Sumbawa oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Kamis 2 Februari 2023.

Ketua DPRD memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk rajin belajar dan disiplin dalam menuntut ilmu, menanamkan tekad yang kuat meraih prestasi dan memanfaatkan kemudahan sarana informarasi digital dengan selektif, mewaspadai pengaruh negatif konten dan informasi menyesatkan, hoak dan merusak pikiran dan tindakan,

“Saya sangat Bangga dengan Inovasi yang dilakukan Sekolah dibawah komando Kepala Sekolah Bapak A Rahman Semba SPd, baru setahun disini tapi inovasinya sudah banyak salah satunya adalah kelas inspirasi ini d saya juga Bangga bertemu dengan anak-anak sisw SMPN I Unter Iwes” Buka Rafiq disambut Aplause meriah hadirin.

Kemudian lanjut Rafiq, menceritakan pengalamannya pada masa kecil diusia pelajar SMP dan SMA.

IMG 20230203 WA0041 1

“Dulu saya aktif berolahraga bulu tangkis, pengalaman masa kecil ini saya sampaikan kepada anak-anak sekalian karena proses-proses itu saya lakukan dengan sangat serius di bulutangkis, Saya sangat tekun berlatih dan punya ambisi dan satu kata dalam hati, saya harus nomor satu” .

Masih kata Rafiq saat itu saya tidak punya pelatih khusus, karena saking besarnya tekat yang saya tanam dalam diri saya bahwa saya harus berhasil, berhasil dan berhasil, pulang sekolah saya tidak makan langsung tapi saya latihan berlari dari siang sepanjang 10 km setiap harinya, karena tekat Saya sangat kuat, Saya harus berprestasi, saya harus mengalahkan atlet yang lainnya dan Alhamdulillah ketika itu rutin saya lakukan prestasi muncul dengan sendirinya. Kenapa ini perlu saya sampaikan kepada anak-anak supaya tekad itu yang nomor satu ditanamkan dalam diri kalian dalam hal apa saja, bapak dan ibu guru hanya pembimbing mengarahkan tetapi sepenuhnya semua itu ada dalam diri kalian masing-masing” Terang Ketua DPRD.

“Apalagi sekarang era digital, revolusi industri 4.0. Ruang digital itu sudah demikian penuh, buktinya sekarang tidak ada lagi yang tidak pegang HP, Betul tidak? lempar Ketua Dprd Betulll jawab para siswa Kompak.

itu adalah tuntutan dan tidak mungkin kita menolak tetapi ketika kita salah memanfaatkannya akan berakibat tidak baik pada diri kita. Mungkin kita sering melihat di televisi pemberitaan kasus-kasus narkoba, pemerkosaan penjambretan, hal seperti itu adalah dampak sectaa tidak langsung yang kita rasakan diera digital. Karena informasi-informasi yang masuk bukan dalam hitungan jam lagi tapi sudah hitungan detik masuk lewat aplikasi yang ada di HP kita. Ujar Ketua DPRD mengingatkan Pesan Ketua DPRD pula bahwa kunsi kesuksesan itu adalah berkat Doa org tua, Bimbingan para Guru di Sekolah, sehingga kelak di manapun kalian berada ketika kalian sukses ingat bahwa ada jerih payah orang-orang yang telah membimbing kita di sekolah ini. Jadilah anak-anak yang tahu cara berterima kasih, tahu cara membalas jasa untuk orang-orang yang telah membimbing dan membina anak-anakku sekalian itulah sepenggal pengalaman yang saya” Urainya

“Alhamdulillah, Kami di lembaga DPRD Kabupaten Sumbawa sudah memasuki periode yang ketiga, banyak hal yang disuarakan oleh rayat kepada Kami, semua permasalahan yang dihadapi pasti ada solusinya, ketika kita pandai berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait. mental pemimpin itu dilatih melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah, klaau kita disiplin, bertanggung jawab dan melaksanakan amanah dengan baik, niscaya itu menjadi bekal kuat menjadi sukses dimasa depan” Pungkasnya.

IMG 20230203 WA0043 2

Melalui Kelas Inspirasi ini Sekolah Menengah Pertama Negeri I Unter Iwes ingin mewujudkan visinya yang tidak hanya membangun kemampuan akademik dan angka di dalam kertas raport para siswanya namun juga berkonsentrasi pada pembentukan dan tumbuh kembang karakter peserta didiknya. Salah satunya adalah kegiatan ini yang juga merupakan kegiatan pembelajaran tentang kehidupan bermasyarakat yang nyata dan telah dilalui serta belajar bersikap menghadapinya. Dalam hidup juga ada nilai-nilai yang diajarkan, tidak semata-mata ada dibuku tapi juga dari keseharian dimana dalam hidup kita ada adab dan norma yang sudah diterapkan oleh para pendahulu kita. Khususnya untuk Indonesia banyak budaya baik dan adab pergaulan yang bisa kita wariskan bagi para generasi muda penerus Bangsa. Salah satunya adalah yang kita bisa pelajari dari tokoh tersebut.

Hadir pula dalam kegiatan kelas inspirasi ini Ketua komite Sekolah, Drs.Ahyar Hadi P.M.Si dan jaaran Guru dan tenaga kependidikan.

Sebelumnya Kepala sekolah SMPN I Unter Iwes Rahman Semba S.Pd menyampaiakan penghormatan dan kebanggaan ata kesediaa ketua DPRD Kabupaten Sumbawa hadir mengisi kelas Inspirasi.

IMG 20230203 WA0042 1

“Alhamdulillah, Puji Syukur kehadirat Alah SWT, kita msaih bisa melaksanakan kegiatan rutin Sekolah setiap hari Kamis diisi dengan kegiatan kelas Inspirasi dan Informasi, yang biasa diisi dari berbagai instansi, sesuai dengan undangan yang kita sampaikan. Dan kebetulan kita harapkan kehadiran Orang Nomor Satu di DPRD, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Bapak Abdul Rafiq, Terimakasih dan kami bangga atas kehadiran Bapak Ketua.” Ucapnya.

“Semoga Ketua tetap sehat, panjang umur dan selalu eksis, Dan alhamdulillah DPRD saat ini sangat berprestasi sekali dan hari ini kita akan menimba ilmu, inspirasi dn pengalaman dari Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa” Urainya.

Kegiatan belajar di ruang terbuka, dengan narasumber dari luar ini adalah ikhtiar agar kita bisa secara langsung mendapatkan ilmu dan pengalaman Best Practise menjadi orang sukses. Sehingga yang penting adalah kita mau responsif atau membuka diri mengambil ilmu dan pengalaman, sehingga bermanfaat dalam hidup kita kelak” Pungkasnya.

Diakhir acara dilaksanakan foto bersama dengan Komite sekolah, Guru dan tenaga kependidikan. (Ruf)