Example 728x250
NasionalNTBTerkini

Lantik PKD, Ketua Panwaslu Kecamatan Lantung Ingatkan Agar Lebih Aktif Menjalin Komunikasi Dan Menjaga Marwah Lembaga

349
×

Lantik PKD, Ketua Panwaslu Kecamatan Lantung Ingatkan Agar Lebih Aktif Menjalin Komunikasi Dan Menjaga Marwah Lembaga

Sebarkan artikel ini
GridArt 20230205 191705544

AnalisNews Sumbawa Besar|NTB, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Lantung melaksanakan acara pelantikan dan pengambilan Sumpah janji Anggota Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Lantung, pada hari Minggu (5/2/23), di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Lantung.

Pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa yang dimulai dari Jam 8:30 ini dihadiri oleh perwakilan Camat Lantung, Muhammad Saleh S.E, Kasubag Program dan Keuangan Kecamatan Lantung. Kepala Desa Sepukur, Mustahar Sidik, Kepala Desa Padesa, Syaifuddin, Bhabinkamtibmas Desa Sepukur, Bhabinkamtibmas Desa Padesa, Ketua PGRI Kecamatan Lantung, Ketua PPK Kecamatan Lantung, Ketua PPS Se-Kecamatan Lantung, Ketua Lembaga Green Bulaeng (LGB), Ketua Forum Pemuda Peduli Lingkungan (FPPL), serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Desa Sepukur.

GridArt 20230205 191934356

GridArt 20230205 192712293

Adapun rangkaian acara pada pelantikan PKD Se-Kecamatan Lantung tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan Mars Bawaslu. Selanjutnya, pembacaan Surat Keputusan Ketua Panwaslu Kecamatan Lantung oleh Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan Lantung, Muthmaiennah S.E.

Setelah itu, Prosesi acara pelantikan PKD Se-Kecamatan Lantung dilanjutkan dengan mengucapkan Ikrar Sumpah Janji anggota Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Lantung, yang diikuti oleh 4 Orang Pengawas Desa yang dilantik. Selanjutnya setelah ikrar Sumpah Janji, dilanjutkan dengan pelantikan dan penandatanganan secara simbolis, Ikrar Sumpah Janji dan Fakta Integritas Anggota Pengawas Desa.

GridArt 20230205 192131628

Ketua Panwaslu Kecamatan Lantung, Alimuddin, dalam Sambutannya menjelaskan proses panjang yang dilalui Panwaslu Kecamatan Lantung dalam melakukan perekrutan PKD, mulai dari pembentukan Kelompok Kerja (Pokja), pembukaan pendaftaran, penelitian administrasi calon anggota PKD, pengumuman hasil penelitian administrasi, tanggapan dan masukan Masyarakat, Wawancara calon PKD, hingga pleno penetapan PKD terpilih.

“Alhamdulillah, hari ini kita melantik 4 Orang Pengawas Kelurahan/Desa terpilih. Untuk menentukan Pengawas Kelurahan/Desa ini, selain prosesnya yang cukup panjang, untuk menentukan Pengawas Desa ini melalaui Rapat Pleno Panwaslu Kecamatan Lantung”.

GridArt 20230205 192326975

“Di sesi Wawancara, kami menilainya dari beberapa faktor, seperti : Visi-Misi, Integritas dan Netralitas, penguasaan materi tentang Bawaslu, Strategi pengawasan, tugas dan kewenangan Panwaslu Kelurahan/Desa, komitmen kerja penuh waktu serta pengetahuan lokal”. Ujar Alez akrab Ketua Panwaslu Kecamatan Lantung ini disapa.

Selain itu, dalam sambutannya, Dia juga mengingatkan kepada PKD terlilih agar selalu aktif menjalin komunikasi dengan PPS dan Stakeholder terkait, di Wilayah Desanya masing-masing, guna mencegah terjadinya tindakan pelanggaran pemilu. Kemudian, dia berpesan kepada PKD terpilih agar selalu menjaga Marwah lembaga, dengan bersikap Transparan, Jujur, Objektif dan Akuntabel, serta memberikan contoh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, dan selalu bertindak berdasarkan substansi dan SOP.

Setelah sambutan Ketua Panwaslu Kecamatan Lantung, acara pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa Se-Kecamatan Lantung dilanjutkan dengan pembacaan Do’a yang dirangkaikan dengan penutup kegiatan pelantikan. (Lez/Sal)