Example 728x250
Sumut

Bupati Nias Barat Menghadiri Musrenbang di Kecamatan Sirombu

119
×

Bupati Nias Barat Menghadiri Musrenbang di Kecamatan Sirombu

Sebarkan artikel ini
FB IMG 1676515203624 1

AnalisNews co.id Nias Barat– Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 di Kecamatan Sirombu, dihadiri oleh Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu. Berlangsung di Gedung Gereja BNKP Fabaliwa, Tetesua, Jumat, (17/02/2023).

Pelaksanaan Musrenbangcam tingkat Kecamatan Sirombu tersebut, selain Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Sari Utami Waruwu, S.E., M.M, para Asisten, Kepala OPD, Forkompimcam Sirombu, para Kepala Desa didampingi Kaur dan Operator Desa, BPD, Tokoh Masyarakat se-kecamatan Sirombu.

Dalam arahan dan bimbingan Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, menyampaikan bahwa Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan dengan tujuan penajaman, klarifikasi, penyelerasan, dan kesepakatan seluruh usul rencana kegiatan pembangunan Desa yang teridentifikasi dengan prioritas pembangunan daerah diwilayah Kecamatan Sirombu khususnya, sehingga tercipta sinergitas dan sikronisasi pembangunan.

Bupati Khenoki juga menjelaskan hal pencapaian pembangunan hasil Musrenbang Kabupaten Nias Barat pada Tahun I sejak ia dilantik, dan beberapa hal kebijakan yang telah diambil yakni, pengadaan Ambulance Gratis 24 Jam, Santunan Duka dan Program Insentif Hamba Tuhan yang ada diwilayah Kabupaten Nias Barat.

“Hal kebijakan tersebut membuahkan hasil dengan mendapatkan perhatian dan penghargaan secara nasional, sebagai inovatif government, serta telah dirasakan manfaatnya kepada masyarakat secara langsung”, jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, dari Partai Hanura Dapil I, Sari Utami Waruwu, S.E., M.M dalam sambutannya mengingatkan Pemkab agar usul yang disampaikan oleh hasil Musrenbangcam ini mendapatkan skala prioritas dan dapat merealisasikannya, walaupun nantinya ada banyak item yang di usulkan.

“Pada kesempatan tersebut, Sari Utami juga menjelaskan bahwa, pembangunan Jalan Rabat Beton dari ujung Desa Hinako menuju Menara Lampu di pulau Hinako terealisasikan pada tahun 2023 ini. Demikian juga halnya Pemekaran Kecamatan Kepulauan Hinako, dalam bulan ini akan rampung penyusunan Perda, dan sambil menunggu hasil Tim Pemprov Sumut untuk disampaikan ke instansi pemerintah pusat”, jelasnya.

“Ia juga mengajak masyarakat Kecamatan Sirombu untuk mendukung pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu dalam rangka mensukseskan pembangunan Tahun 2023 demi kepentingan masyarakat umum”.

Sebelumnya, Camat Sirombu Mesrawani Zalukhu, S.AP melaporkan bahwa, 25 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Sirombu telah melaksanakan Musrenbangdes. Usulan yang dihasilkan oleh Musrenbangdes sangat membutuhkan perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat.

Diantaranya, di bidang pendidikan, kesehatan, pengelolaan sumber daya air, drainase, pembangunan sarana dan prasarana, pertanian dan perikanan serta pembangunan destinasi wisata, pembangunan ruang publik dan taman ramah anak, peningkatan ruas jalan, bidang sosial dan budaya serta peningkatan home industri.

“Sudah melakukan upaya namun keterbatasan anggaran yg menjadi kendala. Kiranya usulan tersebut dapat di prioritaskan dan menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Daerah dan legislatif demi kepentingan masyarakat umum,” jelas Camat Sirombu melaporkan.

Masih ditempat yang sama, mewakili tokoh masyarakat Kecamatan Sirombu Ama Zade Waruwu mengapresiasi terlaksananya proses Musrenbang dari tingkat desa hingga tingkat kecamatan. Dan kiranya apa yang dihasilkan dalam Musrenbangcam ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Sirombu khususnya.

Pelaksanaan Musrenbangcam Sirombu, seusai makan siang dilanjutkan season diskusi untuk merumuskan hal hal prioritas yang diusulkan pada musrenbang tingkat Kabupaten Nias Barat.

Dari pantauan awak media berlangsung tertib dan teratur sampai acara selesai dan ditutup. Faagulo