Example 728x250
BeritaBusinessJakartaNasionalTerkini

Collaboration & Growth Program Mandiri Capital Bangun Kemitraan Strategis Antara Startup 

286
×

Collaboration & Growth Program Mandiri Capital Bangun Kemitraan Strategis Antara Startup 

Sebarkan artikel ini
IMG20230316143655 scaled

AnalisNews.co.id, JAKARTA, – Sebagai bentuk dukungan sinergi Mandiri Group dan startup untuk pertumbuhan bisnis bersama, PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) kembali menyelenggarakan program Xponent batch kedua yang mengangkat tema:

Collaboration & Growth Program”. Pada Xponent batch kedua tahun ini, setidaknya 5 (lima) sinergi telah diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (16/03/2023) di Mandiri Capital Indonesia (MCI) Office Menara Mandiri II Lantai 14 Jakarta.

“Xponent batch kedua ini bertemakan Collaboration & Growth Program, dimana kami memfasilitasikan kolaborasi agar semua pihak, yaitu korporasi dalam hal ini adalah Mandiri Group, dan startups, dapat tumbuh bersama.

IMG 20230319 140452

Dennis Pratistha, Chief Investment Officer PT Mandiri Capital Indonesia mengatakan,
” Program ini menjadi peluang bagi startup untuk terhubung dan mengembangkan bisnisnya dengan Mandiri Group yang memiliki ekosistem lebih dari 100 unit usaha, dan 11 anak usaha,”

Program Xponent batch pertama pada 2022 lalu diikuti 40 startup, 13 unit usaha Mandiri Group. Pada batch perdana tersebut, Xponent berhasil menghasilkan beberapa penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, di antaranya, Qoala dengan Mandiri Tunas Finance (MTF), Ringkas dan Ideal dengan Consumer Loans Group di Bank Mandiri, PT Mandiri Utama Finance (MUF) dengan PT Teknologi Usaha Nusantara (Broom.ID), serta Group Micro Development & Agent Banking dan SME & Micro Risk Bank Mandiri dengan PT Crowde Membangun Bangsa (Crowde).

Program Xponent batch kedua diikuti 33 startups dan 9 unit usaha Mandiri Group. Para peserta mengikuti sejumlah program yang terdiri dari business matchmaking dan investment session.

Selain itu terdapat pula panel session yang bertemakan “Sustainability in Startups: Innovations and challenges”. Pada batch kedua, Xponent berhasil menghasilkan beberapa penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, di antaranya:

1. SME Banking Group dengan Fishlog
2. SME Banking Group dengan Mekari Group
3. IT Application Development Group dengan Kecilin
4. Digital Banking Product Group dan Micro banking dengan Sinbad
FitAja! dengan Ayoconnect

IMG20230316155031 scaled

Bisma Manda Samsu, Chief Financial Officer Kecilin menjelaskan, “Sebagai Startup Artificial Intelligence yang fokus pada kompresi data internet, Kecilin berharap untuk menyetarakan akses ke informasi digital untuk semua bisnis dan individu. Melalui kerja sama ini, kami memiliki kesempatan untuk mendukung aktivitas perbankan digital (digital banking) Mandiri Group.”

Chiragh Kirpalani selaku Chief Operating Officer Ayoconnect menambahkan,
“Penjajakan kerja sama dengan FitAja! merupakan salah satu komitmen Ayoconnect dalam menyediakan API sistem pembayaran yang lebih mudah bagi bisnis dari beragam sektor maupun ukuran usaha. Harapannya, semakin banyak kolaborasi lagi yang terwujud di masa mendatang”.

Rabbi Amrita Givatama, SVP Investment & Synergy PT Mandiri Capital Indonesia menuturkan,
“Pada batch kedua Xponent ini, kami berusaha untuk menjaring lebih banyak startup dari lebih banyak industri dan mengundang unit bisnis Mandiri yang berbeda dari tahun lalu agar semakin membuka peluang kolaborasi melalui beragam potensi bisnis”.

“Pada Xponent batch kedua ini, kami sangat senang karena adanya antusiasme dari kedua belah pihak; unit usaha Mandiri Group dan Startup yang telah mendaftar di Xponent. Kami juga akan terus mewujudkan komitmen dalam membangun kemitraan strategis untuk mempercepat inovasi di ekosistem digital Indonesia,” tutup Rino Bernando, Direktur Keuangan PT Mandiri Capital Indonesia.

Sejak berdiri pada 2015, Bank Mandiri melalui MCI telah berinvestasi di lebih dari 22 startup Indonesia dari 15 vertikal seperti teknologi finansial, digitalisasi UMKM, pembayaran, dan pinjaman

( Shanty Rd )