Example 728x250
Jabar

Jelang Ramadhan, Ratusan Warga RW 05 Jatisari Meriahkan Pawai Obor

498
×

Jelang Ramadhan, Ratusan Warga RW 05 Jatisari Meriahkan Pawai Obor

Sebarkan artikel ini
IMG 20230319 WA0005 2

ANALISNEWS, Kota Bekasi – Warga Jatisari antusias menyambut bulan suci Ramadhan. Ratusan warga RW 05 terdiri dari 19 RT Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, menggelar pawai obor, Sabtu (18/3/2023) malam.

IMG 20230319 WA0014 1Pantauan awak media dilokasi, warga terdiri dari anak-anak dan didampingi orang tua sudah mulai mempersiapkan untuk pawai pukul 19.00 WIB dan mengelilingi area Kampung Payangan Cakung Jatisari.

Peserta pawai didampingi orang tua dan panitia dari Karang Taruna RW 05, sehingga acara berlangsung dengan tertib dan lancar. Peserta pawai memegang obor sambil melantunkan bacaan ayat-ayat suci al-Quran.

IMG 20230319 WA0009 1Setelah mengelilingi Kampung Payangan Cakung Jatisari, peserta kembali berkumpul dihalaman depan Majlis Baitul mukminin, dimana seluruh rangkaian acara yang dilaksanakan dari pagi hingga malam hari yang telah disiapkan oleh panitia karang taruna RW 05 dengan menyediakan panggung utama, tempat acara berlangsung.

IMG 20230319 WA0012 1Tampak hadir di panggung acara, KH Mansur Udin AlBantani, Ketua RW 05
Sarmin Saputra, Ustad Hasan Basri S.sos, Ustad Khoerul Anwar
H Madsir, Ustad Nayadih MS,
Anggota Dewan Sopandi SE, Ketua Majlis Baitul Mu’minin Ustad Sobana, Ketua RT 03 Suwanto beserta Jajaran Ketua RT lainnya di wilayah RW 05,
Dan Tokoh Masyarakat.

Pihak panitia menyerahkan piala dan bingkisan kepada pemenang Lomba MTQ, MHQ, Adzan, kaligrafi dan dilanjutkan bagi-bagi doorprize kepada peserta pawai obor.

IMG 20230319 WA0004 1Pada Kesempatan tersebut Ketua RW 05 Sarmin Saputra mengatakan, pawai obor seperti ini rutin diadakan setiap tahun untuk menyambut bulan suci Ramadhan, tahun ini kembali kita laksanakan pasca pandemi selama tiga tahun dan selanjutnya bisa kita laksanakan terus tiap tahunnya, biar anak-anak semangat untuk menyambut bulan suci Ramadhan,” katanya usai pawai obor.

Lanjut, Ia sampaikan peserta pawai obor ini mencapai kurang lebih 500 orang dari 19 RT dilingkungan RW 05, memang cukup banyak pesertanya, agar pelaksanaan acara berlangsung dengan tertib, sukses dan lancar, melibatkan lebih kurang 50 orang panitia dari Karang Taruna,” kata Sarmin Saputra

IMG 20230319 WA0001Sementara Ketua Karang Taruna RW 05, Syarif Hidayat mengatakan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kelancaran pawai. “Kami sudah koordinasi dengan 19 RT dilingkungan RW 05 Kelurahan Jatisari, jadi semua acara bisa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Ia berharap acara pawai obor bisa rutin kita laksanakan tiap tahunnya, kita bisa saling koordinasi antara karang taruna, RT/RW dan warga RW 05,” tandas Syarif.

Kemudian, Pimpinan Majlis Baitul Mukminin Ustadz Sobana menambahkan, tujuan dari pawai obor untuk menjalin silahturahmi antar sesama warga, karena beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, bisa saling tegur sapa dan saling memaafkan,” ungkapnya.

“Semoga pawai ini menjadi semangat bagi warga RW 05 untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba dan mereka bisa mempersiapkan diri lahir batin dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh” tutup Ustadz Sobana.

IMG 20230319 WA0010Acara ditutup dengan ceramah agama oleh KH Mansur Udin AlBantani.

Dalam ceramahnya Kiyai menyampaikan makna dari tarhib ramadhan yaitu setiap langkah yang kita lakukan di bulan ramadhan nilai pahalanya seribu bulan dalam setahun, terus ditambah dengan shalat berjamaah dan taraweh pahalanya berlipat ganda,” ucapnya.

“Bagi Para istri yang berusaha menyenangkan hati para suaminya, ketika suami melihatnya, baik karena pakaian, dandanan, atau sebab-sebab yang lainnya. Lebih-lebih karena sang istri tersebut senantiasa menaati suami dan merespon perintah suami dengan penuh ketaatan,” pungkasnya.

Pewarta: Haris