Example 728x250
BeritaJakartaNasionalTerkini

Rumah Sakit Brawijaya Hospital Duren Tiga Luncurkan Klinik Mendengkur (OSA Center)

722
×

Rumah Sakit Brawijaya Hospital Duren Tiga Luncurkan Klinik Mendengkur (OSA Center)

Sebarkan artikel ini
IMG20230318110656 scaled

AnalisNews.co.id, JAKARTA – Rumah sakit Brawijaya Duren Tiga Jakarta Selatan luncur kan Klinik Mendengkur ( OSA Center ). Launching ini diawali dengan pemutaran video singkat tentang gangguan tidur mendengkur dan sambutan oleh direktur RS Brawijaya drg. Pretty Kristianti Dewi, MARS, Sabtu (18/03/2023), Auditorium Lt.3 Brawijaya Hospital Duren Tiga Jakarta Selatan, Jl. Raya Duren Tiga No.5 Pancoran Jakarta Selatan

Menurut dr. Fitria Mahrunnisa.M.Sc.SPa cara mengatasi infeksi dan saluran nafas anak penting adanya edukasi terhadap orangtua. Edukasi tentang ” Gangguan tidur ibarat fenomena gunung es yg bisa di alami oleh orang dewasa maupun anak-anak dan populasinya cukup banyak tidak terdiagnosis.

Mengatasi Infeksi Saluran Nafas Pada Anak adalah:

1.Rokok
Orang tua yang merokok jika mau mendekati anak harus mandi terlebih dahulu dan mengganti semua pakaiannya agar si anak terbebas dari polusi rokok.

2. Bintang Peliharaan
Bintang Peliharaan seperti kucing, anjing juga sangat mempengaruhi karena debu yang dibawa dari luar, bulunya ataupun kukunya bahkan kutunya bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi saluran pernafasan

3. Tindakan Preventif

4. Home Remedies to Fight Cold and Flu
Masker adalah salah satu penyebab batuk juga, meskipun sudah ganti masker 2-3 kali sehari.

5. Alergi pada kondisi tertentu seperti debu,udara, makanan, pakaian.Atau bahkan karena faktor genetika.
Orang tua yang mengalami alergi seluruh keturunan akan menurunkan alergi dari orangtuanya tersebut. Ada alergi kulit, alergi makanan, asma, debu. Tergantung dari lingkungan yang membentuk anak tersebut akan alergi apa.

Mengatasi nya adalah dengan asi ekslusif, menghindari rokok, polusi udara dan peliharaan hewan. Atau bisa saja lewat Nebu pada anak yang belum bisa mengeluarkan dahak atau lendir.

6. Penyakit jantung atau bocor jantung merupakan salah satu penyebab gangguan pernapasan.

7. Ada juga adenoid dan tonsil yang segera diangkat. Harus dievaluasi seberapa gangguannya.

IMG20230318104121 scaled

Dr.dr.Fauziah Fardizza.SpTHT-KL(K) menjelaskan bahwa, ” Bahaya mendengkur pada anak dan dewasa.
Pada kondisi yang lebih berat, saluran pernafasan juga dapat tertutup sepenuhnya dan mengakibatkan henti nafas berulang yang disebut obstructive sleep apnea (OSA) akibatnya menjadi mengantuk.

Mendengkur adalah suatu kondisi dimana seseorang mengeluarkan suara kasar dan berisik saat tidur. Kondisi ini disebabkan karena adanya penyempitan saluran pernafasan sehingga udara yang masuk saat bernapas membuat uvula bergetar dan menimbulkan suara dengkuran atau ngorok.

Penyempitan saluran pernafasan terjadi karena otot-otot disekitar saluran pernafasan atas mengendur saat tidur.

Akibatnya, jaringan lunak pada langit-langit saluran nafas turun dan mempersempit jalan masuk udara.
Semakin sempitnya saluran udara dan semakin sedikit pula oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Pada siang hari dan 80 % kecelakaan lalu lintas terjadi karena gangguan ini tutur dokter lulusan universitas Indonesia (UI) ini .

Mendengkur bukan sekedar persoalan suara berisik semata, melainkan lebih serius lagi mendengkur dapat menyebabkan kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh. Hal ini selanjutnya akan mengarah pada OSA dan meningkatkan resiko berbagai penyakit berbahaya.

Obesitas

Dalam kaitannya dengan mendengkur, obesitas memiliki hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Obesitas dapat membuat mendengkur menjadi semakin kencang
Obesitas membuat lingkar leher membesar yang secara langsung berperan dalam penyempitan saluran pernafasan. Penyempitan saluran pernafasan pada penderita obesitas menyebabkan mereka mengorok kencang saat tidur dan merupakan salah satu gejala OSA.

IMG20230318110816 scaled

Orang mendengkur itu bisa mengakibatkan kenaikan asam lambung. Untuk itu jangan makan 3 jam sebelum tidur. Tidur miring ke kanan dan tangan di pipi biar mendorong dagu supaya nafas nya menjadi lapang. Atau bisa juga menggunakan sivab buat mengurangi dengkuran.

DOT tidak menimbulkan Osa, namun jangan membiarkan anak ngedot terlalu lama selain gangguan pada pertumbuhan gigi, bicara

Untuk Bayi yang lahir Prematur pencegahan bisa dilakukan dengan asi ekslusif, imunisasi harus lengkap dan jangan terlambat, asupan makanan yang balance.

( Shanty Rd )