Example 728x250
Jatim

KPU Kabupaten Sumenep, Verifikasi Dokumen Administrasi Bacaleg Parpol Peserta Pemilu 2024

110
×

KPU Kabupaten Sumenep, Verifikasi Dokumen Administrasi Bacaleg Parpol Peserta Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
IMG 20230522 035509

AnalisNews.co.id, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep setelah masa pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah verifikasi dokumen administrasi oleh KPU untuk mengecek keabsahan dokumen dan data yang diajukan oleh Bacaleg dari 16 Partai politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Minggu (22/05/2023).

Divisi Hukum KPU Kabupaten Sumenep, Deki Prasetia Utama, S.H., M.H., saat dikonfirmasi oleh media Analis News melalui chat aplikasi WhatsApp Nya mengatakan, setelah masa pendaftaran dari 1 Mei 2023 sampai 14 Mei 2023, kini pihaknya ke langkah berikutnya yaitu, sedang melakukan verifikasi administrasi pada dokumen Bacaleg dari 16 Parpol yang sudah didaftarkan kemarin.

“Saat ini kami sedang melakukan verifikasi dokumen Bakal Caleg, dari tanggal 15 Mei sampai 23 Juni, yang kedua ada 16 Parpol yang telah mendaftarkan Bakal Caleg nya ke KPU Kabupaten Sumenep, dari rentan tanggal 1 Mei 2023 sampai tanggal 14 Mei 2023, pukul 23.59 WIB,” kata, Deki Prasetia Utama, S.H., M.H., Divisi Hukum KPU Kabupaten Sumenep.

Deki Prasetia Utama, S.H., M.H., Komisioner KPU Kabupaten Sumenep memaparkan, wajib menindaklanjuti setiap pengajuan pendaftaran Bacaleg dengan memeriksa dan memverifikasi dokumen dan data yang diajukan, serta memberikan pengumuman resmi terkait hasil verifikasi dan syarat yang harus dipenuhi oleh Bacaleg untuk lolos sebagai calon legislatif.

Lanjut, Deki (sapaan akrab) Komisioner KPU Kabupaten Sumenep menyampaikan, ada 2 partai politik yang tidak mendaftarkan Bakal Caleg Nya ke KPU, yang pertama Partai Perindo, yang kedua Partai Garuda, lain dari itu KPU menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya kepada semua Partai Politik yang ada di Kabupaten Sumenep.

“KPU wajib memeriksa dan memverifikasi dokumen dan data administrasi Bacaleg yang diajukan oleh masing-masing Parpol, KPU juga mengucapkan, terima kasih atas kerjasamanya kepada semua Parpol peserta Pemilu tahun 2024, baik yang telah mengajukan Bakal Caleg nya maupun yang tidak mengajukan,” tutup, Deki Prasetia Utama, S.H., M.H.