Example 728x250
BeritaJatengTerkini

Serahkan Bantuan TIK, Plt Bupati Pemalang : Harus Bisa Memanfaatkan Digitalisasi

505
×

Serahkan Bantuan TIK, Plt Bupati Pemalang : Harus Bisa Memanfaatkan Digitalisasi

Sebarkan artikel ini
1684788327001

PEMALANG, analisnews.co.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pemalang terus memperkuat digitalisasi sekolah, terutama untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satunya dengan pengadaan Papan Interaktif atau papan tulis digital, yang secara bertahap akan diberikan ke sekolah-sekolah.

Hal itu di sampaikan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T., usai acara penyerahan bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada sekolah – sekolah di tingkat TK, SD dan SMP, pada Senin (22/5/2023) di SMP Negeri 2 Taman Pemalang.

“Khusus di SMP juga ada papan interaktif yang digunakan langsung pembelajaran disitu. Untuk di Pemalang baru 21 doang, dan memang bertahap lah dan di Jawa Tengah baru di Pemalang,” ungkap Mansur Hidayat kepada Wartawan.

Sebanyak 14 set TIK diserahkan kepada 14 sekolah TK Negeri Pembina. Kemudian 60 laptop kepada 60 Sekolah Dasar (SD) serta 21 papan interaktif dan 47 laptop diserahkan kepada 61 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Videoshot 20230523 035403
Mansur Hidayat Saat Meninjau Langsung Manfaat dan Fitur dari Papan Interaktif

Mansur berharap kepada semua sekolah yang menerima bantuan TIK bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk administrasi maupun untuk digitalisasi.

“Biar anak-anak sekolah ini lebih digital dan gurunya juga lebih digital karena kita kedepan harus bisa memanfaatkan digitalisasi itu,” harap Mansur.

Sementara, Disdikbud kabupaten Pemalang melalui Sekretaris Basuki, S.Pd., dalam laporannya menyampaikan, bahwa bantuan TIK menggunakan dana DAP dari pusat yang kemudian di alokasikan untuk pengadaan laptop dan beberapa perangkat lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

“Jumlah bantuan adalah untuk TK ada 14 sekolah sebanyak 14 Set, Jumlah anggaran Rp.769.760.000,- kemudian untuk Sekolah dasar 60 Sekolah Dasar berupa bantuan laptop dengan anggaran Rp. 1.000.000.000,- kemudian untuk SMP ada 61 sekolah dengan 21 Sekolah menerima papan interaktif dan 47 menerima Laptop,” kata Basuki.

Dalam kesempatan itu, Resmiyati atas nama Kepala TK Negeri Pembina se-Kabupaten Pemalang juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang yang telah memberikan bantuan peralatan TIK.

Menurutnya, peralatan TIK ini sangat bermanfaat khususnya bagi satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selain untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peralatan TIK ini juga untuk mempermudah dalam melakukan proses pembelajaran dan tata pengelolaan administrasi sekolah dan lain sebagainya.

“Sekali lagi, saya sangat berterimakasih yang setinggi-tingginya,” ucapnya.

Disebutkan Resmiyati bahwa saat ini jumlah guru di sekolah negeri di Kabupaten Pemalang totalnya ada 1022 guru. Jumlah itu terdiri dari 151 guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS), 11 guru tidak tetap (GTT) dan 860 guru wiyata bhakti (GWB) dari 354 lembaga pendidikan.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Plt Bupati Mansur Hidayat kepada Dwi Uni Haryanti, S.Pd., Aud dari TK Negeri Pembina Pemalang, Slamet, S.Pd., M.Pd dari SD Negeri Klegen 2 dan Teguh Purnomo, S.Pd., M.Si dari SMP Negeri 1 Ampelgading.