Example 728x250
TerkiniBusinessJakarta

Halal Fair & Halal Trade Show 2023 Digelar Desember 2023 Perkuat Ekonomi Halal Berkelanjutan

292
×

Halal Fair & Halal Trade Show 2023 Digelar Desember 2023 Perkuat Ekonomi Halal Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
IMG20231115170832 scaled

Konprensi pers Halal Fair&Halal Trade Show Perkuat Ekonomi Halal Berkelanjutan(Satrio Sukur Project Direktor Wahyu Promo Citra/Kiri, Head of Sharia Financing PT Bank Jago Tbk, Agung Lesmana/Tengah. Foto: Dok. Shanty Rd)

Analisnews.co.id, JAKARTA – Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat muslim di Indonesia terhadap ekonomi dan keuangan syariah, begitu juga dengan terliterasi pengetahuannya terkait sertifikasi halal. Kehalalan bahkan menjadi faktor pertimbangan ketika berbelanja produk.

Namun masih banyak produk di masyarakat yang belum sepenuhnya terjamin halal. Apalagi jika belum bersertifikat halal.

Pengetahuan itulah yang coba diberikan kepada masyarakat Indonesia lewat pameran Halal Fair & Halal Trade Show 2023.

Project Director Wahyu Promo Citra, Satrio Sukur berharap gelaran pamungkas tahun ini dapat memperkuat ekosistem halal serta mendukung perkembangan ekonomi halal secara berkelanjutan, sesuai dengan Master Plan Industri Halal Indonesia (MPIHI) 2023-2029 yang baru saja diluncurkan oleh Wapres K.H. Ma’ruf Amin pada Oktober lalu.

“Event Halal Fair – HIITS 2023 ini selain mengkampanyekan produk halal, sekaligus juga menjadi inkubasi bagaimana pelaku usaha produk halal berinteraksi langsung dengan konsumen, mengenali segmen pasar mereka, meningkatkan jejaring bisnis, mempelajari kegiatan bisnis sesuai syariat dalam rangka memperkuat kapasitas dan kualitas produk dan jasa yang berdaya saing global,” ungkap Satrio Sukur.

Halal Fair Series kembali digelar dengan skala yang lebih besar di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang pada 8-10 Desember 2023. Setelah sukses di Istora GBK Senayan dengan 33 ribu pengunjung pada Agustus lalu, Wahyu Promo Citra berkolaborasi dengan Bank Jago Syariah.

Berkonjungsi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS), gelaran yang bertagline The Most Inspiring Halal Event ini memadukan konsep Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B).

Menempati area seluas 10.000 m2, Halal Fair & Halal Trade Show 2023 diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, antara lain dari Malaysia, Palestina, Filipina, Jepang, Arab Sudi dan Amerika Serikat. Bekerja sama dengan sejumlah agregrator ekspor berpengalaman, event B2B diselenggarakan secara hybrid dalam bentuk rangkaian seminar edukasi bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night sampai business matching.

Suguhan B2C pun tak kalah menarik, selain bazar produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F & B), fashion, travel agent, sekolah dan buku Islam, pengunjung juga bisa mengikuti berbagai program Halal Talkshow, halal beauty class, Halal Food Talk, cooking & live baking show, service sertifikasi halal, halal playpark kids corner, storytelling anak, dan program konten menarik lainnya.

SatrIo Sukur berharap event ini bisa menjadi momentum tampilnya produk-produk UMKM lokal yang bisa memberikan solusi dan pilihan yang tepat bagi konsumen. ini juga menjadi pendorong bagi pelaku UMKM agar segera mengurus sertifikasi halal.

Selama penyelenggaran Halal Fair–HIITS, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) siap memberikan konsultasi dan pelayanan sertifikasi halal secara gratis.

Dalam kesempatan event kali ini, Jago Syariah hadir sebagai partner sponsor yang turut mendukung perkembangan industri Halal di Indonesia. Sebagai solusi keuangan dengan prinsip syariah yang terhubung dengan ekosistem digital Indonesia, Jago Syariah menawarkan layanan perbankan syariah yang setara dengan konvensional.

Dengan Jago Syariah, nasabah dapat lebih praktis bertransaksi dan menabung, sesuai dengan kebutuhan dan keyakinannya, bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Hadirnya Jago Syariah di Halal Fair akan memberikan banyak keuntungan bagi para nasabah untuk turut serta dalam gelaran Halal Fair-HIITS ini. Penawaran khusus yang diberikan diantaranya, tiket gratis bagi nasabah baru dan bonus rezeki bagi nasabah yang bertransaksi menggunakan QRIS Jago Syariah pada UMKM (merchant) tertentu.

Head of Sharia Financing PT Bank Jago Tbk, Agung Lesmana mengapresiasi komitmen Wahyu Promo Citra yang sejak 2019 konsisten menyelenggarakan acara Halal Fair. Menurutnya, keterlibatan Jago Syariah di acara ini untuk mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

“Dengan mengadopsi teknologi terkini, Bank Jago memiliki tujuan besar untuk memajukan ekonomi dan industri keuangan syariah. Kami berharap kegiatan Halal Fair dapat membantu meningkatkan literasi keuangan syariah dan mendorong konsumsi produk halal lokal, khususnya pada masyarakat Indonesia,” ujar Agung Lesmana.

Pada tahun 2019 dan 2022, acara ini bernama Halal Indonesia Expo (HIEX), dengan total pengunjung 47.000 orang. Tahun ini, dilakukan re-branding menjadi Halal Indonesia International Trade Show (HIITS).(Shanty Rd)