Example 728x250
Jabar

GPMI Buka Suara Perihal Dugaan Informasi Bohong yang Disampaikan Ketua KPU Kota Cimahi

305
×

GPMI Buka Suara Perihal Dugaan Informasi Bohong yang Disampaikan Ketua KPU Kota Cimahi

Sebarkan artikel ini
IMG 20240210 WA0036 1

JAKARTA – Ketua Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Mahasiswa Indonesia (PP GPMI), Umar Wala buka suara soal beredarnya surat Polres Cimahi terkait permintaan data KPPS KPU Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Umar menilai dasar tersebut bersifat koordinasi dan data seperti tercantum MOU kesepakatan KPU RI-POLRI pada bab II, Ruang Lingkup, Pasal 2 poin A. yakni , Pertukaran Dan Pemanfaatan Data dan/Informasi, sehingga netralitas itu tetap terjaga.

“Saya pikir ini harus di luruskan ya sesuai nota kesepakatan KPU dan Polri kan sudah sangat  jelas tertera dengan nomor :90/PR.07/NK/01/2022, tentu ini menjadi dasar kesepakatan itu, “Beber Umar saat di tanya awak media  di Jakarta Selatan, Sabtu 10/2/2024.

“Jika kita bicara koordinasi tentu kita bicara soal berbagai hal ya, pada poin A. BAB II tentu sudah bisa kita pahami ada di situ pertukaran dan pemanfaatan data dan atau  informasi  kan sangat jelas saya kira”.

“Jika perlu jangan hanya data  KPPS saja data yang lain pun perlu di minta jika perlu kalau memang kita bicara mau barang ini terbuka ya,”tegas Umar.

Umar yang juga sebagai aktivis HMI itu menilai permintaan surat tersebut sudah sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,  sehingga Ketua KPU Kota Cimahi di harapkan jangan memfreming informasi bohong ke publik.

“Saya kira dalam menjaga netralitas justru pihak KPU juga harus terbuka namun tidak melanggar hal yang lain, ini kan justru sudah jadi konsumsi publik ya kan?,” tutup Umar. **