Example 728x250
TerkiniNasional

Pemkab Ogan Ilir Mulai Besok Beraktivitas Kembali, Bupati Panca Ingatkan ASN Tak Nambah Libur

1977
×

Pemkab Ogan Ilir Mulai Besok Beraktivitas Kembali, Bupati Panca Ingatkan ASN Tak Nambah Libur

Sebarkan artikel ini
FB IMG 1713182098546 picsay
OGAN ILIR, Analisnew.co.id – Mulai besok, 16 April 2024, seluruh pegawai akan mulai masuk kerja, pasca cuti lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Tanpa terkecuali bagi pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, yang juga akan memulai aktivitas di kantor mulai besok.

Terkait hal tersebut, Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, mengingatkan kepada seluruh pegawai khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN), tidak menambah liburnya.

“Janganlah (bablas libur, red), karena absensi kita sudah online jadi harus tetap absen,” tegasnya kepada awak media saat memantau arus mudik di Pos Pengamanan Kramasan, Senin, 15 April 2024.

Disinggung mengenai Work from Home (WFH) sebagaimana surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), menurut Panca, Pemkab Ogan Ilir akan menerapkan WFH 50 persen dan WFO 50 persen.

“Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sudah membagi, mana-mana pegawai yang melakukan WFH,” sebutnya.

Menurut Panca, BKPSDM Kabupaten Ogan Ilir yang paling mengetahui nama-nama pegawai yang akan melakukan WFH dan WFO.

“Tapi saya rasa di Ogan Ilir tidak begitu signifikan, karena rata-rata sebagian besar ASN merupakan asli Ogan Ilir,” lanjutnya.

Panca juga menyebut, bahwa WFH sebenarnya bukanlah suatu hal yang perlu dilakukan. Terkecuali bagi ASN yang memang melakukan mudik, dipersilahkan untuk melakukan WFH.

“Saya rasa itu juga tidak menjadi suatu kewajiban, khususnya yang tidak mudik. Tapi bagi yang mudik, disilahkan untuk WFH,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panca juga mengatakan, bahwa pemberian WFH bagi para ASN yang melakukan mudik, dikarenakan untuk mengurangi kemacetan.

“WFH selama dua hari kita terapkan untuk mengurai kemacetan,” katanya lagi.

Terkait ASN yang melakukan WFH, kata Panca, tetap harus melakukan absensi. Karena, Pemkab Ogan Ilir telah menerapkan absensi secara online.

“Untuk instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik secara langsung, WFO tetap diterapkan optimal sebesar 100 persen,” jelas Panca.

Adapun untuk instansi pemerintah yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan dan layanan dukungan pimpinan, WFH ASN bisa dijalankan maksimal atau paling banyak 50 persen dari jumlah pegawai, yang teknisnya diatur instansi pemerintah masing-masing.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Nomor 1 Tahun 2024 yang ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian di seluruh instansi pemerintah.

Panca menambahkan, instansi yang langsung berkaitan dengan masyarakat tetap WFO 100 persen seperti Bagian Kesehatan, Keamanan dan Ketertiban.

Kemudian penanganan bencana, energi, logistik, pos, transportasi dan distribusi, obyek vital nasional, proyek strategis nasional, konstruksi, dan utilitas dasar.

“Jadi untuk pelayanan yang langsung ke publik, akan tetap berjalan optimal sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi yang menginginkan kinerja pelayanan publik selalu siap dalam segala situasi,” tutupnya.

Pada hari pertama masuk kerja pasca cuti lebaran Idulfitri 1445 Hijriah, Pemkab Ogan Ilir akan menggelar apel gabungan di Lapangan Upacara KPT Tanjung Senai.

Dijadwalkan, apel gabungan akan digelar pukul 07.30 WIB. Setelah apel, acara dilanjutkan dengan halal bihalal seluruh peserta apel gabungan dengan pimpinan apel.