Example 728x250
Aceh

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Barat Bersihkan Sampah yang Dibuang Warga di Tepi Jalan Kesehatan.

217
×

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Barat Bersihkan Sampah yang Dibuang Warga di Tepi Jalan Kesehatan.

Sebarkan artikel ini
AddText 05 05 09.28.12

ACEH BARAT : Sampah-sampah rumah tangga dilempar orang tak bertanggung jawab di pinggir jalan Kesehatan KecamatanJohanPahlawan,menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Aceh Barat Bukhari,ST mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah di lokasi tersebut,petugas kita turunkan 20 pesapon, 4 kru armada truk dan 2 orang pengawas (membersihkan lokasi), saat dikonfirmasi analisnews Senin Minggu 4 Mei 2024. mengatakan pihaknya mencegah agar sampah tidak dibakar warga, pihaknya, sudah berkomunikasi dengan pengurus warga setempat mengenai hal tersebut,”katanya.
Lanjut Bukhari, itu yang kami coba cegah supaya tidak dibakar, mengimbau warga untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan di lokasi tersebut,dia berharap kerja sama masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk mengelola sampah, tentu kami berharap agar masyarakat tidak membuang sampah di situ dan di tempat-tempat yang tidak semestinya untuk pembuangan sampah, kami berharap kerja sama masyarakat dan tokoh-tokoh setempat untuk mengelola sampah dan membuang sampah residu pada tempatnya agar petugas kami bisa mengambilnya. Apalagi saat ini di mana bahaya kebakaran meningkat,” jelasnya.

Sebelumnya, sampah-sampah rumah tangga dilempar orang tak bertanggung jawab di pinggir jalan di daerah jalan Kesehatan Sampah-sampah itu menumpuk dan semakin banyak, dari lahan kosong awalnya sampah sedikit dan sering diangkut jadi bersih lagi, setelah dibersihkan besok nya menumpuk lagi, tampaknya masyarakat masih suka membuang sampah sembarangan karena beranggapan akan ada orang yang membersihkan sisa sampah miliknya, hal ini bisa terjadi karena minimnya rasa tanggung jawab dan kesadaran diri, jadi kesadaran masyarakat itu masih sangat kurang terhadap kepedulian lingkungan dan mengganggu warga setempat yang tinggal di seputaran wilayah tersebut,”tuturnya.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Barat, tidak akan pernah bosan dan sudah menjadi tugas DLHK Aceh Barat, melaksanakan pembersihan lokasi sampah liar, Jalan yang berada diwilayah jalan Kesehatan tersebut, kerap dijadikan pembuangan sampah liar. Kami rutin melakukan pembersihan, sampah liar di jalan Kesehatan telah dibersihkan dan diangkut menggunakan truk sampah, setelah dibersihkan, pihaknya menutup tempat tersebut untuk menghindari pembuangan sampah kembali, tidak hanya itu, DLHK Aceh Barat telah memasang spanduk larangan pembuangan sampah liar dan ketentuan hukuman apabila tertangkap tangan tangan melakukan pembuangan sampah liar,”imbuhnya.

Seakan tidak pernah bosan, walaupun DLHK kerap sekali di bilang selalu mengabaikan sampah yang bertumpukan di wilayah yang dilarang buang sampah,untuk menjaga lingkungan masyarakat, khususnya di lahan kosong maupun di kota dan dipinggir jalan umum, partisipasi maupun masyarakat sangat diperlukan dalam pengawasan tempat yang kerap dijadikan pembuangan sampah liar. Apabila lingkungan bersih dari sampah liar masyarakat sendiri yang akan menikmati dampak positifnya.”tutup Bukhari. (W001.01.002).