Example 728x250
Terkini

Bersumber Dari Dana Desa Tahap Pertama 2024, Pemdes Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Bangun Kolam Renang Untuk Pengembangan Desa Wisata!!!

137
×

Bersumber Dari Dana Desa Tahap Pertama 2024, Pemdes Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Bangun Kolam Renang Untuk Pengembangan Desa Wisata!!!

Sebarkan artikel ini
IMG 20240522 WA0025

AnalisNews.co.id | Tasikmalaya, Jawa Barat,- Desa Wisata merupakan salah satu ruang peningkatan kekuatan ekonomi lokal buat tingkatkan kemampuan warga desa dalam peningkatan wiraswasta, kenaikan penghasilan, dan peluasan rasio ekonomi warga desa. Desa wisata merupakan ruang bagi masyarakat untuk mengembangkan pariwisata di desa berbasis masyarakat dengan segala potensinya (alam, budaya, buatan) dan pengembangan ekonomi kreatif.

Menteri Desa, Pembangunan Wilayah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia sudah keluarkan Permendes Nomor 14 Tahun 2020 mengenai Dana Desa. Dalam Permendes tersebut tercantum dana desa bisa dipakai untuk aktivitas peningkatan desa wisata. Tindak lanjuti Permendes Nomor 14 Tahun 2020, desa bisa meningkatkan kekuatan wisata memakai dana desa. Desa dapat membudgetkan aktivitas peningkatan desa wisata itu dalam APBDes.

Iklim pariwisata yang kondusif dapat tercipta dengan membangun dan menyediakan kebutuhan sarana prasarana Desa sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan potensi Desa, sekaligus sebagai aset Desa dalam rangka mempercepat pengembangan destinasi wisata di Desa. Penggunaan Dana Desa untuk program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa diprioritaskan untuk pencapaian SDGs atau Suistainable Development Goals yang dalam bahasa Indonesia-nya adalah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa dengan pengembangan Desa wisata untuk pertumbuhan ekonomi Desa merata.

Selain Permendes nomor 14 tahun 2020 diatas, dalam Peraturam Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa dijelaskan, Dana Desa untuk pengembangan Desa Wisata meliputi, a., pengadaan, pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana Desa wisata, b., promosi Desa wisata diutamakan melalui gelar budaya dan berbasis digital, c., pelatihan pengelolaan Desa wisata, d., pengelolaan Desa wisata, e., kerjasama dengan pihak ketiga untuk investasi Desa wisata, dan f., pengembangan Desa wisata lainnya yang sesuai dengan kewenangan Desa yang diputuskan dalam Musyawarah Desa.

Berdasarkan sejumlah Permendes diatas, Pemerintah Desa (PEMDES) Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan pembangunan kolam renang untuk pengembangan Desa wisata. Pembangunan kolam renang tersebut berlokasi di Kampung Bubulak Dusun Cilimus, sepanjang 12 meter dan lebar sepanjang 5 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp. 105.000.000,- (seratus lima juta rupiah) yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa setempat.

Kepala Desa Sirnaputra Asep Suhendar yang diwakili oleh Sekretaris Desa Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Nanang Syaripudin saat dikonfirmasi oleh tim analisnews.co.id melalui pesan singkat whatsaapp, (Rabu, 22 Mei 2024) mengatakan, pembangunan kolam renang tersebut sudah rampung alias selesai 100 persen, Nanang pun menjelaskan, pengembangan Desa wisata tersebut adalah salah satu prioritas Pemerintah Desa Sirnaputra untuk pengembangan desa wisata, karena Desa Sirnaputra sudah mempunyai SK Desa wisata sebagai salah satu yang termasuk Desa wisata rintisan dari 92 Desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu dirinya pun berharap, dengan adanya pengembangan Desa wisata tersebut selain bermanfaat bagi masyarakat, bisa menjadi salah satu ruang peningkatan kekuatan ekonomi lokal dan meningkatkan kemampuan warga Desa dalam peningkatan wiraswasta, kenaikan penghasilan, dan peluasan rasio ekonomi warga.

Alhamdulillah, saat ini kami khususnya Pemerintah Desa Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya telah melaksanakan pembangunan kolam renang untuk pengembangan Desa wisata, dan alhamdulillah pembangunan tersebut sudah rampung alias selesai 100 persen sejak beberapa waktu yang lalu. Dengan adanya pengembangan desa wisata ini adalah salah satu prioritas Pemerintah Desa Sirnaputra untuk pengembangan Desa wisata, karena Desa Sirnaputra sudah mempunyai SK Desa wisata sebagai salah satu yang termasuk Desa wisata rintisan dari 92 Desa yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, dengan adanya pengembangan Desa wisata ini, selain bermanfaat bagi masyarakat, bisa menjadi salah satu ruang peningkatan kekuatan ekonomi lokal dan meningkatkan kemampuan warga Desa dalam peningkatan wiraswasta, kenaikan penghasilan, dan peluasan rasio ekonomi warga“, ungkapnya. (Chandra Foetra S).