Example 728x250
BeritaJatengNasionalPolitikSosialTerkiniYogyakarta

Pembinaan dan Evaluasi Perkembangan UMKM Sewon Prenuer Bersama Kepala KUA Sewon di Griya Batik Aisha

111
×

Pembinaan dan Evaluasi Perkembangan UMKM Sewon Prenuer Bersama Kepala KUA Sewon di Griya Batik Aisha

Sebarkan artikel ini
IMG 20240523 WA0002 4

Analis News Bantul (KUA Sewon) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sewon menggelar Pembinaan dan Evaluasi perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah) (UMKM) Sewon Prenuer Binaan KUA Sewon di Griya Batik Aisha jelang penghujung tahun ke-3 program pendampingan ekonomi umat , Rabu (22/05/2024) dengan tuan rumah Tri Rokimawati.

Turut hadir Ketua Pendamping KUA Sewon, Masquri didampingi Sekretaris Latifah, Fasilitator IZI (Inisiatif Zakat Indonesia), Habib Ismail, Ketua Sewon Prenuer, Ulin Nuha

Dalam pejelasannya Kepala KUA Sewon, H. Mustafied Amna, terkait persiapan para pendamping Ekonomi Umat KUA Sewon dan Penerima Manfaat atau bantuan dari Subdirektorat Edukasi, Inovasi, dan Kerjasama Zakat dan Wakaf Kemenag RI.

” Pertama, Pendamping Ekonomi umat melakukan persiapan progress perkembangan Penerima manfaat berupa: Memonitoring, Dokumentasi, perkembangan dan kendala yang dialami dampingannya atas modal usaha yang diberikan Kemenag RI.
Kedua, PM (penerima manfaat) mempersiapkan diri pada saat ada kunjungan dari tim pendamping KUA Sewon, melakukan koordinasi monitoring dengan pendamping KUA, membuat laporan perkembangan dan kendala dibuktikan dengan bukti dokumentasi”.terangnya

Lebih lanjut, Amna mengajak, “Mari kita semua serius dan sukseskan program KUA Percontohan Ekonomi Umat berbasis keluarga, Setelah 3 tahun pendampingan ini bagi Penerima Manfaat yang berhasil akan ada studi banding dari KUA-KUA lainnya di Indonesia. Terlebih KUA kita ini telah ditunjuk sebagai role model Program Ekonomi Umat oleh Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag pusat, ” Ajak penanggung jawab program yang juga alumni pesantren Nurul Ummah Yogyakarta tersebut.

Pendamping KUA Sewon, Rustam Nawawi berharap agar usaha didampingi dan sembilan usaha binaan KUA Sewon dapat berhasil dan mampu membuka lapangan kerja disekitarnya.

” Alhamdulillah, dampingan saya Seftiani saat ini menekuni online shop pakai bayi dan semoga dapat menambah fasilitas etalase agar kemasan lebih baik”.

Selain itu, Rustam menambahkan aneka usaha penerima manfaat (PM) lainnya binaan KUA Sewon meliputi : budidaya Burung kenari oleh Fiqi Arifudin Ikhsan, Batik Aisha oleh Tri Rokimawati, Elzaavira Official (online shop pakaian) oleh ‘Azzanie Karima Arroida, Rebana Centre & Reparasi oleh Mahasinul Akhlaq, Angkringan Berkah oleh Riyanto, Travel oleh Farda Adlhan Nur, Camilan Opak Gambir Mbak Ima oleh Ulin Nuha, Lele Mubarok oleh Umi Salamah, dan Budidaya Ikan Nila oleh Laeatul Badriah. Rtm/Aji